Perasaan Tidak Nyaman dan Kecemasan Tanda Serangan Jantung yang Kurang Diketahui

Minggu, 27 Juni 2021 - 04:20 WIB
loading...
Perasaan Tidak Nyaman dan Kecemasan Tanda Serangan Jantung yang Kurang Diketahui
Perasaan Tidak Nyaman dan Kecemasan Tanda Serangan Jantung yang Kurang Diketahui. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Perasaan tidak nyaman secara umum, mirip dengan kecemasan merupakan tanda serangan jantung yang kurang diketahui. Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan sensasi tersebut, Layanan Kesehatan Nasional (NHS) menjelaskan bahwa kecemasan mirip dengan perasaan tidak nyaman.

Dan serangan panik adalah ketika tubuh mengalami serbuan gejala mental dan fisik yang intens. Sebagian besar serangan panik berlangsung antara lima dan 20 menit, meskipun laporan menunjukkan beberapa orang dapat mengalaminya hingga 1 jam.

Biasanya respon terhadap situasi stres, atau akibat dari gangguan panik, juga bisa terjadi ketika seseorang mengalami serangan jantung. Banyak gejala yang dialami selama serangan panik adalah gejala yang sama yang dialami seseorang selama serangan jantung.

Health Harvard mengatakan serangan panik adalah serbuan ketakutan atau kecemasan yang intens yang bisa terasa seperti serangan jantung, dengan nyeri dada, sesak napas, berkeringat, mual, pusing, dan jantung berdebar kencang.

“Episode menakutkan ini mendorong banyak orang untuk mencari perawatan darurat, di mana pengujian yang cermat tidak menemukan bukti adanya masalah jantung," kata Health Harvard dilansir dari Express, Sabtu (26/6).


“Sebaliknya, orang-orang ini menerima diagnosis apa yang dikenal sebagai nyeri dada non-jantung (NCCP), yang secara mengejutkan umum terjadi," lanjutnya.

Sebanyak satu dari tiga orang mengalami NCCP di beberapa titik dalam hidup mereka. Sementara beberapa kasus akhirnya ditelusuri ke masalah gastrointestinal atau terkait otot, sejumlah orang dengan NCCP memiliki tingkat kecemasan yang sangat tinggi.

Badan amal kesehatan mental Mind menggambarkan serangan panik sebagai sejenis respons rasa takut. Ini adalah respons normal tubuh yang berlebihan terhadap bahaya, stres, atau kegembiraan. Gejala serangan panik dapat meningkat dengan sangat cepat.

Sensasi fisik dari serangan panik termasuk berdebar, detak jantung, dan merasa pingsan dan pusing. Orang mungkin merasa sangat panas atau dingin, mereka mungkin bersumpah, gemetar, merasa mual dan mengalami nyeri di dada atau perut.


Ini bisa terasa seolah-olah Anda sedang berjuang untuk bernapas, bahkan bisa terasa seolah-olah tersedak. Beberapa orang mungkin merasa terputus dari pikiran, tubuh, atau lingkungan mereka, yang merupakan jenis disosiasi.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1580 seconds (0.1#10.140)