Masker untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dari Bahan Alami

Senin, 28 Juni 2021 - 07:30 WIB
loading...
Masker untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dari Bahan Alami
Bekas jerawat bisa dihilangkan dengan masker dari bahan alami. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Masker untuk menghilangkan bekas jerawat bisa dibuat dari bahan alami. Jerawat umumnya diikuti dengan masalah lain, yaitu bekasnya yang lebih sulit dihilangkan dibandingkan mengempiskan jerawat itu sendiri. Masker berbahan alami menjadi salah satu solusi untuk mengatasi bekas jerawat yang membandel.

Dr. Howard Murad, seorang dermatologis menjelaskan ketika jerawat berbekas, tekstur kulit menjadi tak merata. Wajah pun akan dihiasi dengan noda hitam yang bisa menurunkan kepercayaan diri.

Murad menambahkan bekas jerawat paling sering muncul di tempat jerawat yang paling meradang. Jerawat yang meradang akan dipenuhi kolagen, bercampur dengan kulit mati, pori-pori akan menjadi bengkak yang menyebabkan kerusakan pada dinding folikel. “Namun secara alami, kulit akan memproduksi kolagen untuk memperbaiki kondisi kulit," ujar Murad dikutip dari Grazia Daily.

Murad juga mengatakan bahwa penyebab bekas jerawat berasal dari kolagen itu sendiri. Ketika produksi kolagen di kulit sedikit maka kulit wajah akan bergelombang ke dalam atau menjadi berlubang. Sedangkan ketika kelebihan kolagen, kulit wajah bisa timbul titik-titik bengkak. “Cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat adalah menggunakan ramuan bahan alami rumahan,” ujar Murad.

Baca Juga : Tampik Perawatan Wajah Instan, Wulan Guritno Lakukan Ini supaya Kulitnya Tetap Kencang

Bahan alami tersebut mulai dari irisan lemon, kentang, lidah buaya, mentimun, tomat, es batu, hingga madu . Murad menyaranakan untuk mengaplikasikan irisan tersebut pada area yang berjerawat atau menjadikannya sebagai masker wajah.

Lemon dikenal sebagai masker alami untuk menghilangkan bekas jerawat yang paling ampuh. Air lemon kerap digunakan sebagai masker setelah mencuci wajah karena kandungan vitamin C-nya yang dapat menyamarkan bekas jerawat. “Lemon juga dapat meratakan warna kulit menjadi lebih cerah,” ujar Murad.

Selain lemon, madu juga dapat menghilangkan bekas jerawat. Madu tak hanya dikenal sebagai bahan yang dapat mengatasi jerawat. tetapi juga dapat digunakan sebagai masker alami untuk menghilangkan bekas jerawat.

Tekstur madu yang lembut menurut Murad, membuat nyaman kulit dan manfaatnya yang dapat meregenerasi kulit membuat bahan alami yang satu ini menjadi favorit banyak orang. Cukup oleskan madu pada bagian bekas jerawat, diamkan semalaman hingga saat pagi hari lalu dibilas.

Baca Juga : Biar Makin Pede, Begini Cara Cepat Samarkan Stretchmark dan Selulit

Tak hanya lemon. kentang pun sering dijadikan masker alami untuk menghilangkan bekas jerawat yang teruji ampuh. Mengandung vitamin dan agen pemutih alami membuat kentang dapat menyamarkan bekas jerawat bahkan flek pada wajah. “Caranya, cukup aplikasikan kentang yang sudah dihancurkan pada seluruh wajah. diamkan selama 20 menit. kemudian bilas hingga bersih,” ujar Murad. (Dwi Nur Ratnaningsih)
(wur)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1977 seconds (11.210#12.26)