Penyanyi Jepang Utada Hikaru Nyatakan Diri sebagai Non Biner

Senin, 28 Juni 2021 - 07:58 WIB
loading...
Penyanyi Jepang Utada Hikaru Nyatakan Diri sebagai Non Biner
Utada Hikaru. Foto/WireImage/Chris Weeks
A A A
JAKARTA - Kabar mengejutkan datang dari penyanyi kenamaan Jepang, Utada Hikaru . Pelantun Anata tersebut mengumumkan dirinya sebagai non biner atau identitas gender yang tidak merujuk spesifik pada salah satu gender laki-laki atau perempuan.

Kabar tersebut diungkapkan oleh Hikaru melalui unggahan di Instagram pribadinya. Dia membagikan sebuah gambar bertuliskan "mystery Utada."



"Aku muak ditanya apakah aku Miss atau Missus, atau memilih antara “Miss/Mrs/Ms” untuk hal-hal sehari-hari," tulis Hikaru, seperti dikutip Senin (28/6).

"Hal itu membuat aku tidak nyaman untuk diidentifikasi secara mencolok oleh status perkawinan atau jenis kelaminku, dan aku tidak berhubungan dengan awalan itu. Setiap kali aku merasa seperti aku dipaksa untuk menggambarkan diriku sendiri," tambahnya.

Hikaru mengaku ingin memiliki opsi alternatif yang dapat digunakan oleh siapa pun dari jenis kelamin atau status sosial apa pun. Dia menyatakan, lebih nyaman disebut sebagai "Mx" yang berarti campuran.

Tak sedikit yang berharap Hikaru akan menulis sebuah lagu dengan awalan barunya itu.

"Aku pikir kamu akan menulis lagu dengan judul Mx," tulis netizen.

Sementara itu ada juga penggemar yang tidak setuju dengan awalan tersebut. "Bagaimana kalau tidak dipanggil apa-apa selain nama. Awalan Mx yang tidak berguna disertakan," kata yang lain.



Utada Hikaru dikenal usai dirinya merilis album debut First Love pada 1999. Debutnya itu sukses secara komersial dan menjadi album terlaris sepanjang masa di Jepang.

Sepanjang tahun 2000-an, Hikaru juga merilis sejumlah besar rekaman hits termasuk empat lagu tema untuk franchise video game Kingdom Hearts yang populer.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2039 seconds (0.1#10.140)