Vaksin Tak Cukup Cegah Varian Delta, WHO Desak Lakukan Ini

Senin, 28 Juni 2021 - 19:44 WIB
loading...
Vaksin Tak Cukup Cegah Varian Delta, WHO Desak Lakukan Ini
Vaksin Tak Cukup Cegah Varian Delta, WHO Desak Lakukan Ini. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut jika vaksin tidak cukup mencegah penularan Covid-19 varian Delta . Karenanya, WHO mendesak masyarakat untuk terus memakai masker.

WHO juga mendesak mereka yang sudah divaksinasi lengkap untuk menjaga jarak fisik dan mempraktikkan langkah- langkah keamanan pandemi Covid-19 lainnya. Ini karena varian Delta yang sangat menular menyebar dengan cepat ke seluruh dunia.

"Orang tidak bisa merasa aman hanya karena mereka memiliki dua dosis. Mereka masih perlu melindungi diri mereka sendiri," kata Dr. Mariangela Simao selaku Asisten Direktur Jenderal WHO dilansir dari CNBC, Senin (28/6).

"Vaksin saja tidak akan menghentikan penularan masyarakat," tambah Simao.


Simao menekankan bahwa masyarakat perlu terus menggunakan masker secara konsisten, berada di ruang berventilasi, menjaga kebersihan tangan, menjaga jarak fisik dan menghindari keramaian.

"Ini masih menjadi sangat penting, bahkan jika Anda divaksinasi ketika Anda memiliki transmisi masyarakat yang sedang berlangsung," jelas Simao.

Sementara itu, Penasihat Senior WHO, Dr Bruce Aylaward, meminta orang yang divaksinasi lengkap untuk terus "bermain aman" karena sebagian besar dunia tetap tidak divaksinasi dan varian yang sangat menular, seperti Delta, menyebar di banyak negara, memicu wabah.

"Ya, Anda dapat mengurangi beberapa tindakan dan negara yang berbeda memiliki rekomendasi yang berbeda dalam hal itu. Tetapi masih ada kebutuhan untuk kehati-hatian," imbuh Dr. Bruce.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2150 seconds (0.1#10.140)