Ramai Seruan 'Kibarkan Bendera Putih di Rumahmu', Ini Maknanya

Selasa, 29 Juni 2021 - 10:30 WIB
loading...
Ramai Seruan Kibarkan Bendera Putih di Rumahmu, Ini Maknanya
Foto/Twitter @IncheFaris
A A A
JAKARTA - Media sosial diramaikan dengan ajakan 'Kibarkan Bendera Putih di Rumahmu' di tengah lonjakan kasus COVID-19 di beberapa negara belakangan ini. Seruan tersebut menyebar luas di Malaysia.

Banyak netizen yang mengunggah seruan itu, salah satunya akun @HafizolHakami. Di unggahannya, dia menuliskan agar semua masyarakat tidak malu ataupun segan mengibarkan bendera putih jikalau membutuhkan bantuan.



"Kepada semua yang susah dan tiada makanan, naikkan bendera putih di kediaman Anda. Biar orang sekeliling pakat bantu sedikit sebanyak yang termampu. Tolong jangan ambil tindakan yang meremukkan hati orang yang tersayang. Tak perlu merayu, tak perlu malu, kibar saja bendera," begitu ungkapannya.

Akun @HafizolHakami pun menyisipkan foto yang berisi pesan serupa dengan ajakan yang dia tulis di keterangan foto. Pada foto tersebut dijelaskan bahwa putih artinya sama dengan bantuan.

Tak hanya Hafizol yang cukup banyak mendapat perhatian dengan unggahan tersebut, akun lain seperti @IncheFrais juga membagikan pesan yang sama yaitu mengibarkan bendera putih jika Anda membutuhkan bantuan dari orang sekitar rumah.

"Naikkan bendera putih di kediaman Anda sekiranya Anda perlukan bantuan makanan dan keperluan lain untuk diri dan keluarga. Semoga ada orang sekeliling yang prihatin dan dapat berikan bantuan kepada Anda sekeluarga. Tolong jangan segan dan malu. Anda berhak dibantu," tuturnya.

Unggahan Inche mendapat respons disukai lebih dari 2,4 ribu netizen dan telah dibagikan ulang nyaris 4 ribu kali. Sementara itu, di unggahan Hafizol tadi, 'postingannya' disukai 5,7 ribu netizen dan telah dibagikan ulang sebanyak 13,5 ribu kali.

Di lain keterangan, Hafizol menyemangati semua orang untuk tidak mudah menyerah dengan situasi pandemi COVID-19 saat ini. Ia cukup yakin bahwa kita semua bisa terbebas dari kondisi yang sekarang.

"Jangan putus asa, kawan! Kita lawan! Kita bertahan!" katanya penuh semangat.



Banyak netizen merespons ajakan ini dengan nada positif. Salah satunya datang dari akun @FrugalFli** yang menyarankan agar rumah yang memiliki kelebihan rezeki untuk memberi tanda dengan bendera merah muda atau hijau.

"Good idea! Also an idea: Satu lagi bendera berwarna untuk orang yang ada barang makanan lebih untuk didermakan (dibagikan). Contoh guna bendera pink karena pink mengartikan 'compassion' atau hijau untuk 'safe place'," komennya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2138 seconds (0.1#10.140)