Kenali 2 Tanda Peringatan Tekanan Darah Tinggi pada Wajah

Selasa, 29 Juni 2021 - 18:43 WIB
loading...
Kenali 2 Tanda Peringatan Tekanan Darah Tinggi pada Wajah
Kenali 2 Tanda Peringatan Tekanan Darah Tinggi pada Wajah. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Ada dua tanda yang terlihat di wajah yang memperingatkan bahwa tekanan darah Anda terlalu tinggi atau hipertensi . Salah satunya wajah memerah yang terjadi ketika pembuluh darah di wajah melebar.

Ini dapat terjadi secara tidak terduga atau sebagai respons terhadap pemicu tertentu. Seperti halnya paparan sinar matahari, cuaca dingin, makanan pedas, angin, minuman panas, dan produk perawatan kulit.

"Wajah memerah juga dapat terjadi dengan stres emosional, paparan panas atau air panas, konsumsi alkohol dan olahraga yang semuanya dapat meningkatkan tekanan darah untuk sementara," kata American Heart Association.

“Walaupun wajah memerah dapat terjadi saat tekanan darah Anda lebih tinggi dari biasanya, tekanan darah tinggi bukanlah penyebab wajah memerah," lanjutnya dilansir dari Express, Selasa (29/6).



Tanda lainnya adalah bintik darah di mata (perdarahan subkonjungtiva). Kondisi ini lebih sering terjadi pada penderita diabetes atau tekanan darah tinggi, tetapi tidak ada kondisi yang menyebabkan bercak darah.

“Floaters di mata juga tidak terkait dengan tekanan darah tinggi. Namun, dokter mata mungkin dapat mendeteksi kerusakan saraf optik yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi yang tidak diobati," jelas American Heart Association.

Selain itu, gejala lain dari tekanan darah tinggi adalah nyeri dada, sesak napas, sakit kepala, defisit neurologis, mimisan dan pusing.

Untungnya, tekanan darah tinggi dapat dengan mudah dibalikkan dengan melakukan perubahan gaya hidup sederhana. Salah satu intervensi paling sederhana namun efektif yang dapat Anda lakukan adalah mengurangi asupan garam.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2405 seconds (0.1#10.140)