Takut Makan Nasi karena Kadar Gulanya Tinggi? eMShop Hadir Memberi Solusi

Selasa, 29 Juni 2021 - 17:51 WIB
loading...
Takut Makan Nasi karena Kadar Gulanya Tinggi? eMShop Hadir Memberi Solusi
Kekhawatiran akan diabetes membuat lahirnya mitos, terutama terkait dampak asupan makanan yang dianggap dapat memicu kadar gula di dalam darah. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik maka dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.

Baca juga: Kasus Covid-19 pada Anak Meningkat, Perlukah si Kecil Pakai Masker Ganda?

Kekhawatiran akan diabetes membuat lahirnya mitos, terutama terkait dampak asupan makanan yang dianggap dapat memicu kadar gula di dalam darah. Ada beberapa dari mitos yang beredar di masyarakat itu perlu diluruskan, salah satunya tentang dampak nasi bagi penderita diabetes.

Ada anggapan dari sebagian orang, penderita diabetes tidak boleh makan nasi. Pada kenyataannya, tidak lah demikian. Penderita diabetes diperbolehkan makan nasi, namun dengan porsi yang terbatas.

Trio Macan yang beranggotakan Vira, Nanda dan Elok mengatakan sudah sejak lama mengetahui nasi putih memiliki kandungan gula yang tinggi, sehingga harus membatasi diri mengonsumsi nasi.

”Sepengetahuan kami, nasi putih memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Jadi kalau untuk orang yang memiliki risiko atau riwayat diabetes, sebaik dikurangi. Sejak lama kami membatasi diri untuk mengonsumsi nasi dan menggantinya dengan kacang atau ubi-ubian," kata para personel Trio Macan kepada celebrities.id, Selasa (29/6/2021).

Hal senada disampikan Clarissa Ardhita Putri. Penyanyi cantik ini mengatakan tidak menjalani diet, tapi juga tidak mengonsumsi nasi secara berlebihan. Semua jenis makanan dikonsumsi dengan porsi yang pas dan sesuai iebutuhan.

“Kalau dari yang aku tahu, nasi memiliki kadar gula yang tinggi, sehingga jika dikonsumsi berlebihan akan meningkatkan risiko diabetes,” ujar Clarissa Ardhita Putri.

Baik gandum atau nasi mengandung karbohidrat yang dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Namun, bukan berarti penderita diabetes tidak dapt menikmati nasi atau gandum. Dengan porsi terbatas dan diatur oleh ahli gizi, penderita diabetes dapat tetap menyantap nasi sebagai menu makannya, dikutip dari P2PTM Kementerian Kesehatan RI.

Melihat tingginya kasus penderita diabetes saat ini, eMShop, salah satu eCommerce terbesar di bawah MNC Group hadir memberikan solusi yang dapat membantu pelanggannya agar terhindar dari risiko diabetes. Salah satunya dengan menggunakan alat penanak nasi atau rice cooker rendah kalori.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1801 seconds (0.1#10.140)