Berhubungan Seks Saat Hamil Aman, Catat Ini Syaratnya!

Kamis, 01 Juli 2021 - 06:35 WIB
loading...
Berhubungan Seks Saat Hamil Aman, Catat Ini Syaratnya!
Berhubungan Seks Saat Hamil Aman, Catat Ini Syaratnya! Foto/Cleveland Clinic Health Essentials.
A A A
JAKARTA - Sangat aman untuk berhubungan seks selama kehamilan kecuali jika dokter atau bidan Anda melarangnya. Berhubungan seks tidak akan menyakiti bayi. Penis tidak dapat menembus ke luar vagina, dan bayi tidak dapat mengetahui apa yang terjadi.

Dilansir dari NHS, Rabu (30/6) jika kehamilan Anda normal dan tidak mengalami komplikasi, berhubungan seks dan orgasme tidak akan meningkatkan risiko melahirkan lebih awal atau menyebabkan keguguran.

Di kemudian hari, orgasme atau bahkan seks itu sendiri dapat memicu kontraksi ringan. Jika ini terjadi, Anda akan merasakan otot-otot rahim mengeras. Ini dikenal sebagai kontraksi braxton hicks dan bisa membuat tidak nyaman, tetapi ini normal dan tidak perlu khawatir.

Bidan atau dokter mungkin akan menyarankan untuk menghindari seks jika Anda mengalami pendarahan hebat dalam kehamilan. Seks dapat meningkatkan risiko pendarahan lebih lanjut jika plasenta rendah atau ada penggumpalan darah (hematoma).


Anda juga akan disarankan untuk menghindari seks jika ketuban pecah yang dapat meningkatkan risiko infeksi. Ada masalah dengan pintu masuk ke rahim, di mana Anda berisiko lebih tinggi mengalami persalinan dini atau keguguran. Anda memiliki anak kembar, atau sebelumnya pernah mengalami persalinan dini, dan sedang dalam tahap akhir kehamilan.

Meskipun seks aman bagi sebagian besar pasangan dalam kehamilan, tapi mungkin tidak semudah itu. Anda perlu menemukan posisi yang berbeda. Ini bisa menjadi waktu untuk mengeksplorasi dan bereksperimen bersama.

Seks dengan pasangan Anda di atas bisa menjadi tidak nyaman pada awal kehamilan. Bukan hanya karena perut yang membesar, tetapi karena payudara Anda mungkin empuk. Ini juga bisa menjadi tidak nyaman jika pasangan Anda melakukan penetrasi terlalu dalam.

Sebagai gantinya, lebih baik berbaring miring, saling berhadapan atau dengan pasangan Anda di belakang. Anda juga bisa mencoba posisi di atas saat berhubungan seks atau penetrasi dari belakang sambil berlutut. Gunakan bantal untuk membuat diri Anda nyaman.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1549 seconds (0.1#10.140)