Rute Domestik AirAsia Kembali Dibuka Bulan Depan

Senin, 20 April 2020 - 18:32 WIB
loading...
Rute Domestik AirAsia Kembali Dibuka Bulan Depan
AirAsia menyatakan kesiapan untuk memulai kembali penerbangan reguler rute domestik di Indonesia pada 7 Mei 2020. Foto/Flightglobal.com
A A A
JAKARTA - Maskapai AirAsia Group akan membuka kembali rute penerbangan reguler domestik di beberapa negara. Pembukaan kembali ini bakal dilaksanakan mulai bulan depan untuk wilayah Indonesia.

Melalui siaran resminya, AirAsia menyatakan kesiapan untuk memulai kembali penerbangan reguler rute domestik di Malaysia (mulai 29 April 2020), Thailand (mulai 1 Mei 2020), Filipina (mulai 1 Mei 2020), India (4 Mei 2020), dan Indonesia (mulai 7 Mei 2020). Namun, dengan catatan, jadwal tersebut masih bergantung pada persetujuan dari otoritas setempat.

Pada tahap awal pengoperasian kembali ini, penerbangan akan tersedia secara terbatas di rute domestik tertentu dan akan secara bertahap beroperasi di rute lain, termasuk rute internasional jika nanti situasi telah membaik dan pembatasan perjalanan serta wilayah telah dicabut.

"Kami merasa senang dapat terbang kembali melayani pelanggan dan berharap bisa beroperasi penuh sesegera mungkin. Kami telah melakukan penyesuaian prosedur penanganan penumpang di darat dan di udara dengan kewaspadaan terhadap COVID-19. Kami juga bekerja sama dengan pihak otoritas bandara untuk bersama-sama memastikan langkah pencegahan telah dilaksanakan guna menjamin perjalanan yang aman dan nyaman bagi semuanya," kata President (Airlines) AirAsia Group Bo Lingam dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews.

"Di AirAsia, keselamatan dan kesehatan penumpang serta karyawan adalah yang utama. Kami secara aktif bekerja sama dengan regulator, pemerintah setempat, otoritas penerbangan sipil dan kesehatan, serta menaati panduan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) untuk memastikan kami telah memenuhi standar kepatuhan dan kesesuaian pada setiap penerbangan yang kami lakukan di semua rute," sambungnya.

Para penumpang pun disarankan untuk menerapkan langkah-langkah pencegahan umum seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan menjaga higienitas diri selama penerbangan. Semua pesawat AirAsia telah dilengkapi penyaring udara High Efficiency Particulate Air (HEPA) berstandar rumah sakit, dan akan melalui proses desinfeksi menyeluruh setiap kali selesai penerbangan.

Tak lupa, calon penumpang disarankan pula untuk terus memantau perkembangan informasi imbauan yang dipublikasikan oleh AirAsia di airasia.com dan akun sosial media AirAsia. Penumpang juga disarankan memeriksa status penerbangannya di airasia.com/flightstatus untuk perkembangan terkini, terutama di situasi seperti saat ini.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2120 seconds (0.1#10.140)