Kapan Waktu yang Tepat untuk Tes Covid-19? Ini Penjelasannya!

Jum'at, 02 Juli 2021 - 08:11 WIB
loading...
Kapan Waktu yang Tepat untuk Tes Covid-19? Ini Penjelasannya!
Kapan Waktu yang Tepat untuk Tes Covid-19? Ini Penjelasannya! Foto/The New Indian Express.
A A A
JAKARTA - Ada waktu yang tepat untuk melakukan tes Covid-19 . Tes swab antigen serta PCR menjadi cara mengetahui seseorang terinfeksi Covid-19 atau tidak, jika dilakukan dengan tepat.

"Pemeriksaan terlalu dini dapat berisiko hasil negatif palsu, yaitu kondisi di mana virus sudah ada di dalam tubuh tetapi belum terdeteksi oleh alat," tulis Instagram @satgasperubahanperilaku dikutip Jumat (2/7).

Sementara itu, di tengah kasus Covid-19 yang terus melonjak membuat setiap orang lebih waspada. Selain menerapkan protokol kesehatan , melakukan pemeriksaan tes swab serta PCR secara rutin juga dilakukan sebagai bentuk pencegahan.

"Kenaikan angka Covid-19 terus terjadi di berbagai wilayah Indonesia. Apabila sobat patuh merasakan beberapa gejala ataupun setelah melakukan kontak erat dengan seseorang yang positif Covid-19 maka jangan ragu untuk segera lakukan tes ya," tulis @satgasperubahanperilaku.


Lalu kapan waktu yang tepat untuk tes Covid-19? Berikut ulasannya.

1. PCR

Tes PCR paling baik dilakukan saat 8 hari setelah melakukan kontak erat dengan seseorang yang positif Covid-19. Anda juga bisa melakukan tes 3-5 hari setelah muncul gejala.

2. Tes antigen

Tes antigen dianjurkan dilakukan 5 hari setelah melakukan kontak erat dengan seseorang yang positif Covid-19. Selain itu, tes juga bisa dilakukan 1-5 hari setelah muncul gejala.

Sedangkan, tes Covid-19 bisa dilakukan kembali pada 3-7 hari setelah tes pertama dilakukan jika Anda masih menunjukkan gejala Covid-19, muncul gejala Covid-19 atau dicurigai terinfeksi Covid-19.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)