Sang Adik Terinfeksi Covid-19, Via Vallen: Corona Bukan Aib

Selasa, 26 Mei 2020 - 18:18 WIB
loading...
Sang Adik Terinfeksi Covid-19, Via Vallen: Corona Bukan Aib
Meski adiknya terinfeksi Covid-19, pedangdut Via Vallen menegaskan bahwa kondisi seluruh keluarganya baik-baik saja. / Foto: Instagram @viavallen
A A A
JAKARTA - Adik pedangdut yang tengah naik daun, Via Vallen dikabarkan positif terinfeksi Covid-19. Kabar ini dibagikan langsung oleh Via Vallen melalui akun Instagram pribadinya @viavallen.

Melalui beberapa foto yang diunggah, pelantun Sayang itu menjelaskan bahwa hal ini berawal dari pemeriksaan kesehatan setelah kepala sang adik terbentur lantai. Setelah melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh, hasil menunjukkan bahwa adik Via mengalami pneumonia.

"Ini hasil foto paru2 adekku yg pneumonia. Berawal dr Apin yg kepalanya kebentur lantai terus mimisan jd aku bawa ke lab. Aku jg ngajak semua keluarga yg belum pernah check-up buat di-check semua. Nah hasil paru salah satu adekku ada #pneumonia, orang tua kuatir krn takut corona (fyi aktivitas adekku hampir setiap hari ke Surabaya anter jemput pacarnya kerja di Mall )," tulis Via Vallen.

"Akhirnya aku tanya ke beberapa spesialis paru dan semuanya bilang gpp (itu gara2 rokok bla bla bla). Adekku ini memang pernah sesek napas jauhh sebelum adanya #corona. Tp krn salah satu gejala corona adalah pneumonia, di rumah jg ada orang tua yg sakit Jadi untuk memastikan semuanya beneran baik2 ajaa, aku bawa dia rapid ke rs rujukan #covid19 dan hasilnya NON REAKTIVE," sambungnya.

Khawatir dengan kesehatan adik dan keluarganya, Via pun memutuskan untuk kembali melakukan tes Covid-19. Dengan mengunjungi rumah sakit rujukan Covid-19, Via meminta sang adik melakukan tes swab dan setelah 10 hari menunggu, hasil tes menunjukkan ia positif tertular Covid-19.

"Aku tanya ada lg tes buat mastiin corona ga? Kata beberapa suster di sana ada swab, tp ini ga perlu krn rapidnya sudah akurat. Eman uangnya mbakk, swab mahal lohh dan hasilnya lama. Krn aku pengen memastikan 100 persen dia baik2 aja, ya aku maksa aja dia swab dgn ngejanjiin klo hasilnya negatif aku kasih uang jajan krn sebenenya dia ga mau di swab. Akhirnya dia mau...," ujarnya.

"Setelah menunggu 10 harii, ternyata hasilnya POSITIF. Dan dr dinkes ada yg lapor ke RT buat bantu ngawasin adekku (di luar sepengetahuan keluarga krn aq blm tau kalo adekku positif )," lanjutnya.

"Jd tgl 28 April sekeluarga check-up biasa (tidak ada hubungannya dgn corona) krn hasil adekku pneumonia, akhirnya tgl 29 April dibawa ke RS rujukan covid buat di-rapid dan setelah menunggu 1 jam lebih hasilnya keluar NON REACTIVE, krn aku ga mau orang tua kuatir jd aku paksa adekku SWAB (meski kata petugas RS tidak perlu swab) mulai swab cuma selisih 1 JAM dr RAPID. trus pulang dan menunggu hasilnya selama kurleb 10 hari (HASILNYA POSITIF)," katanya lagi.

Meski sempat menuai cibiran dan dikucilkan oleh lingkungan sekitar, Via menegaskan bahwa Covid-19 bukan sebuah aib. Sementara itu, Via mengungkapkan saat ini, sang adik sedang menjalani isolasi di rumah. Dia berada di ruangan terpisah dan tidak melakukan kontak dengan anggota keluarga lainnya, termasuk juga menggunakan peralatan makan sendiri.

"CORONA BUKAN AIB!! Adekku aman di rumah, tidak ada kontak langsung dengan keluarga. Kita sangat menjaga jarak, dia punya area sendiri (kamar tidur, kamar mandi dan ruangan untuk narok makanan dan minuman tanpa harus kontak langsung, dia pake alat makan sekali pake buang, dia cuci pakaiannya sendiri, bersih2 sendiri). Maksud postinganku adalah, org yg udh rapid hasilnya NR blm tentu TIDAK TERPAPAR. Keluargaku panik krn postinganku semalam, takut makin dikucilkan krn sebagian msh banyak yg ga tau kalo anggota keluargaku ada yang positif #corona," jelasnya.

Di sisi lain, melalui unggahan ini, Via Vallen mengingatkan pengikutnya di Instagram untuk menjaga kesehatan dengan menggunakan masker dan cuci tangan di bawah air mengalir menggunakan sabun. Selain itu, Via juga mengingatkan pentingnya untuk tidak mengucilkan pasien Covid-19.

"Corona ga terbang kok, selagi mengikuti aturan untuk pake masker dan sering cuci tangan yaa kalian bakal AMAN. Jd tolong jangan mengucilkan orang2 yang positif corona. Kalo kalian ada kepentingan yg mengharuskan keluar rumah pakailah APD (MASKER) bisa pake masker kain yg bisa di cuci terus di pake lagi biar GAK BOROS! Jangan ngeyel NGERASA KUAT, kecuali kamu tinggal sendiri ya terserah! Tapi kalo ada orang tua dan balita yg memang imunnya rendah, TOLONG JAGA DIRI KAMU UNTUK MEREKA YANG DIRUMAH," imbuhnya.

Beruntungnya, saat ini kondisi keluarga Via Vallen dalam keadaan sehat. "Keluargaku, alhamdulillah sehat wal afiat. Adekku yg positif #covid_19 alhamdulillah sehat wal afiat dan kulitnya tambah bersih krn #dirumahaja di dlm kamar terus," tandasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0965 seconds (0.1#10.140)