Hindari Diabetes Tipe 2 dengan Menurunkan Berat Badan

Minggu, 04 Juli 2021 - 02:12 WIB
loading...
Hindari Diabetes Tipe 2 dengan Menurunkan Berat Badan
Tahukah Anda, bahwa menurunkan berat badan selain menyehat juga dapat membantu Anda mengelola diabetes tipe 2 loh. / Foto: ilustrasi/endocrineweb
A A A
JAKARTA - Aktivitas diet yang bertujuan untuk mencapai berat badan yang ideal merupakan langkah pertama dalam pola hidup yang sehat. Tapi tahukah Anda, bahwa menurunkan berat badan selain menyehat juga dapat membantu Anda mengelola diabetes tipe 2 loh.

Baca juga: 5 Aktris Ini Pernah Perankan Hantu dalam Film, Intip Wajah Cantik Mereka yang Berubah Seram

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, menurunkan berat badan dapat meningkatkan kontrol gula darah Anda dan menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan penumpukan plak di arteri.

Guna mengontrol kondisi, penurunan berat badan harus menjadi daftar prioritas bagi orang yang menderita diabetes tipe 2. Berikut menukil Times of India, mengenai penjelasan bagaimana menurunkan berat badan dapat membantu mengontrol diabetes.

1. Peningkatan resistensi insulin

Pada diabetes tipe 2, tubuh Anda tidak merespons insulin yang diproduksi oleh pankreas. Oleh karna itu, kadar glukosa darah Anda bisa naik. Penjelasan Ini disebut dengan resistensi insulin dan sering dikaitkan dengan kelebihan bobot badan.

Bila Anda melakukan diet dengan menurunkan berat badan dapat membuat tubuh Anda lebih sensitif terhadap insulin dan menurunkan resistensi insulin. Saat resistensi insulin turun, itu bagus untuk me-manage diabetes Anda supaya terkontrol dengan baik.

2. Hasil A1C yang lebih baik

A1C adalah tes untuk mengukur kadar gula darah rata-rata dari 2 hingga 3 bulan terakhir. Saat sensitivitas insulin meningkat dengan penurunan berat badan, Anda melihat hasil yang lebih baik dalam laporan A1C Anda yang Sesuai American Diabetes Association.

Itulah sebabnya mengapa melakukan perubahan pola gaya hidup melalui diet dan olahraga dengan rutin adalah cara terbaik untuk mengobati diabetes tipe 2.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)