Cara Kontrol Emosi dalam Hubungan supaya Langgeng dan Bahagia

Jum'at, 09 Juli 2021 - 06:26 WIB
loading...
Cara Kontrol Emosi dalam Hubungan supaya Langgeng dan Bahagia
Foto Ilustrasi/Female First
A A A
JAKARTA - Kendalikan amarah Anda sebelum amarah mengendalikan Anda. Ini bukan hanya untuk menjaga hubungan asmara, tetapi juga untuk diri Anda sendiri.

Menjadi gelisah, jengkel, atau marah adalah emosi umum yang Anda alami, tetapi mengetahui cara yang tepat untuk menyalurkan dan menghadapinya adalah kuncinya.



Kemarahan yang berlebihan dapat mendatangkan malapetaka pada kehidupan pribadi dan hubungan Anda serta kesehatan mental Anda. Anda akan selalu tidak bahagia, tidak aman, bertengkar dengan teman atau pasangan, dan yang paling penting, Anda akan menciptakan keretakan antara Anda dan orang yang Anda cintai.

Karenanya penting bagi Anda untuk bisa mengontrol emosi. Melansir laman Femina India kemarin (8/7), berikut empat cara yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol emosi dalam hubungan supaya menjadi langgeng dan bahagia.

Jangan Ambil Keputusan saat Marah

Tidak peduli seberapa gelisah atau marah Anda, selalu cobalah untuk berlatih jeda 10 detik sebelum merespons atau membuat keputusan. Tindakan yang diambil saat Anda marah sering kali menjadi impulsif dan tidak dipikirkan secara matang yang nantinya bisa menjadi masalah.

Cobalah untuk menenangkan diri, tutup mata Anda dan hitung sampai 10 sebelum menanggapi pemicu Anda. Ini akan membantu menenangkan perasaan Anda. Kata-kata yang pernah diucapkan tidak dapat ditarik kembali, tetapi dengan latihan ini Anda dapat menghentikan diri Anda dari situasi yang sulit seperti itu.

Gunakan Humor untuk Redakan Ketegangan

Humor bukan sarkasme. Langkah ringan dalam masalah ini karena sarkasme dapat menandai situasi dari buruk menjadi lebih buruk. Alih-alih meledakkan satu sama lain, ambil inisiatif untuk menggunakan humor dan beberapa lelucon ringan di sana-sini untuk melepaskan ketegangan di antara Anda berdua.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2044 seconds (0.1#10.140)