Menparekraf Siap Geliatkan Pariwisata Perbatasan RI-Papua Nugini

Jum'at, 09 Juli 2021 - 02:12 WIB
loading...
Menparekraf Siap Geliatkan Pariwisata Perbatasan RI-Papua Nugini
Kemenparekraf berkomitmen untuk menggeliatkan pariwista dan ekonomi kreatif di wilayah perbatasan Indonesia dengan negara tetangga, salah satunya Papua Nugini. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno berkomitmen untuk menggeliatkan pariwista dan ekonomi kreatif di wilayah perbatasan Indonesia dengan negara tetangga, salah satunya di Pos Lintas Batas Negra (PLBN) Skouw di perbatasan Republik Indonesia dengan Papua Nugini.

Baca juga: 9 Provinsi Ini Alami Kenaikan Persentasi Kematian Akibat Covid-19

Menparekraf Sandi mengatakan, geliat pariwisata dan ekonomi kreatif di PLBN Skouw terjadi setelah pembangunan pos lintas batas negara tersebut dilakukan beberapa waktu lalu. Melalui pos lintas batas negara ini, produk-produk ekonomi kreatif dari Indonesia dibeli masyarakat Papua Nugini .

"Ada pertumbuhan ekonomi di pos lintas batas negara. Terasa sekali geliat ekonomi di kawasan perbatasan yang membawa keuntungan bagi masyarakat kita yang ada di sana," ungkap Sandi dalam keterangan resminya, Kamis (8/7).

Selain perputaran ekonomi dari sektor ekraf, desa-desa di sekitar perbatasan juga memiliki potensi luar biasa karena kunjungan dari wisatawan mancanegara. Desa-desa ini menjadi etalase Indonesia di mata negara tetangga.

"Saya sudah mendengar kabar bahwa desa-desa dengan pemandangan indah yang bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata dan juga memiliki produk ekonomi kreatif yang sangat menarik," kata Sandi.

Untuk itu, Sandi mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk menindaklanjuti dan menggarap potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah perbatasan. Salah satunya dengan melibatkan generasi milenial dan generasi Z agar mereka lebih mengetahui NKRI secara utuh.

Baca juga: Kuliner hingga Fesyen Berpeluang Menggeliat di Tengah Meredupnya Pariwisata

"Kita akan optimalkan potensinya untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan menghadirkan kesejahteraan untuk masyarakat sekitar," pungkasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)