Beragam Khasiat Lidah Buaya untuk Wajah Anda

Sabtu, 10 Juli 2021 - 06:36 WIB
loading...
Beragam Khasiat Lidah Buaya untuk Wajah Anda
Manfaat lidah buaya untuk wajah salah satunya adalah mendinginkan dan antiinflamasi. / Foto: ilustrasi/Everyday Health
A A A
JAKARTA - Aloevera atau lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki banyak khasiat. Manfaat lidah buaya untuk wajah pun sangat beragam.

Baca juga: My All For You, Single Terbaru Maria Simorangkir untuk Kaum Susah Move On

Menurut cosmetic chemist Ginger King, lidah buaya sering digunakan sebagai ramuan obat yang bisa menyehatkan tubuh dari dalam, kaya nutrisi, membantu meningkatkan pencernaan, dan bahkan meningkatkan kekebalan. "Lalu gelnya bisa digunakan untuk mempercantik kulit, terutama wajah ," ujar King seperti laman Allure.com.

Apabila memiliki tanaman lidah buaya di rumah, King menyarankan untuk memilih daun atau batangnya yang lebih gemuk dan potong dari pangkalnya. Bisa juga menarik daun dari bawahnya. Hati-hati karena tanaman ini berduri.

"Lidah buaya dapat Anda ekstraksi sendiri. Gunakan pisau tajam untuk mengiris duri dari tepi tiap daun. Kemudian potong batang menjadi dua dan biarkan gel menghadap ke atas," ujar King.

Selanjutnya, gunakan sendok untuk mengikis gel ke dalam wadah. Setelah semua gel diekstraksi, langsung didinginkan.

Manfaat lidah buaya untuk wajah salah satunya, menurut King, adalah mendinginkan dan antiinflamasi. Ini adalah salah satu solusi paling alami untuk kulit yang terbakar sinar matahari.

Mengoleskan gel lidah buaya memberikan lapisan pelindung untuk kulit dan membantu mempertahankan kelembapan. "Lidah buaya kaya antioksidan dan mineral yang meningkatkan proses penyembuhan," ujar King.

Lidah buaya juga kaya akan asam salisilat yang bagus untuk kulit berjerawat. King menjelaskan, jerawat biasanya disebabkan karena penyumbatan pori-pori atau kulit berminyak. Gel lidah buaya bertindak sebagai exfoliator yang bagus dan membuka sumbat semua pori-pori, mengurangi tampilan jerawat pada kulit.

Selain itu, menurut King, lidah buaya juga melawan penuaan kulit. Menurutnya, gel lidah buaya mengandung vitamin C dan E, beta-karoten yang melimpah. Maka dari itu, gel lidah buaya memiliki sifat antipenuaan. Tanaman ini juga mengandung sifat antimikroba dan anti-inflamasi.

"Manfaat lainnya juga membantu menghilangkan noda kulit, mengurangi garis usia, membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh dan elastisitas kulit," tuturnya.

Baca juga: Diisukan Meninggal Dunia, Wendi Cagur Doakan Penyebar Hoax Diberi Umur Panjang

Di samping sebagai produk perawatan kulit terbaik, gel lidah buaya dapat digunakan sebagai gel yang berfungsi mempertebal alis. King menyarankan untuk mencampur lidah buaya dengan minyak jarak, ini bisa menjadi obat pertumbuhan alis yang efektif.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1860 seconds (0.1#10.140)