Netizen Ini Beberkan Cara Bedakan Oksimeter Asli dan Palsu, Videonya Viral

Senin, 12 Juli 2021 - 15:20 WIB
loading...
Netizen Ini Beberkan Cara Bedakan Oksimeter Asli dan Palsu, Videonya Viral
Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Oksimeter menjadi salah satu alat kesehatan yang banyak dimiliki masyarakat saat ini. Alat untuk mengukur kadar oksigen dalam darah tersebut disarankan ada di rumah untuk mereka yang sedang isolasi mandiri.

Oksimeter bisa dengan mudah didapatkan di toko alat kesehatan , apotek, maupun e-commerce. Tapi, apakah Anda tahu bagaimana cara membedakan oksimeter asli dengan yang palsu?



Pengguna TikTok dengan akun @glamscool coba membagikan trik tersebut di media sosial. Caranya cukup mudah untuk dilakukan.

Jadi, jika Anda mau tahu apakah oksimeter yang ada di rumah asli, alat pengujinya adalah pensil seperti yang dicontohkan si netizen.

Netizen Ini Beberkan Cara Bedakan Oksimeter Asli dan Palsu, Videonya Viral


Oksimeter pada dasarnya bekerja dengan membaca sinyal dari jari yang dimasukkan ke dalam celah alat. Setelah jari masuk, maka infra red yang ada di dalam alat membaca sinyal dan keluarlah angka-angka, termasuk di dalamnya kadar oksigen dan denyut nadi.

Nah, dengan menggunakan pensil, Anda bisa melacak apakah alat itu asli atau tidak. Jadi, jika pensil sudah dimasukkan dan alat oksimeter membaca sinyalnya, itu dikatakan si netizen dapat dipastikan alatnya palsu.

Logika yang dipakai sederhana sekali, "masa iya pensil punya kadar oksigen? Masa iya pensil punya denyut nadi?" dan itu dibuktikan di salah satu oksimeter yang ada di video.

Lain cerita dengan oksimeter kedua yang menjadi pembanding. Saat pensil masuk, alat tersebut error atau tidak mampu membaca baik kadar oksigen maupun denyut nadi. Hal tersebut pun disimpulkan bahwa oksimeter kedua dikatakan asli.



Video yang dibagikan di akun Twitter @9i*** tersebut sudah disaksikan 5,5 ribu netizen dan mendapat banyak respons. Ada sekitar 430 netizen menyukainya dan nyaris 300 netizen membagikan ulang.

Jadi, apakah alat oksimeter yang ada di rumah Anda bisa membaca sinyal dari pensil juga? Atau malah error?
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2173 seconds (0.1#10.140)