Melewati Pasang Surut Kehidupan, Begini Perjalanan Bjah Menggapai Hidayah

Selasa, 13 Juli 2021 - 17:05 WIB
loading...
Melewati Pasang Surut Kehidupan, Begini Perjalanan Bjah Menggapai Hidayah
Sempat melewati masa kelam dengan melalui pasang surut kehidupan, kini Bjah sudah mantap memutuskan untuk berhijrah. / Foto: Okezone
A A A
JAKARTA - Muhammad Hamzah atau yang dikenal Bjah, merupakan mantan vokalis grup band The Fly yang populer lewat lagunya berjudul Terbang. Sempat melewati masa kelam dengan melalui pasang surut kehidupan, kini Bjah sudah mantap memutuskan untuk berhijrah.

Baca juga: Yuk Simak Penjelasannya Kenapa Kamu Harus Pakai Dua Masker

Bjah sendiri pernah melalui masa kelam sampai dia mengaku pernah masuk penjara. Dari sanalah, dia mencoba untuk mendekatkan diri kepada Allah karena dia ingin mencoba hidup yang lebih baik dan benar.

Namun nyatanya tak mudah bagi Bjah untuk menemukan arti " hijrah " itu sendiri. Dia mengaku sampai harus 3 kali berhijrah baru menemukan makna yang sebenarnya.

"Hijrah tiga kali, gagal. Hijrah pertama, karena saya enggak tahu ya saya kan pengin dekat dengan Allah, gimana caranya pengin hidup benar. Itu kok hijrahnya amalannya kok seakan-akan taubat saya enggak diterima sama Allah," ujar Bjah di akun instagram @lawyer.sunnah, Jumat (9/7).

Hingga pada hijrahnya yang kedua, dia mencoba untuk mengamalkan amalan-amalan di luar dari perintah Allah dan tidak dicontohkan oleh Rasullah. Namun, akhirnya dia memilih untuk meninggalkan metode di hijrahnya yang kedua ini.

"Saya yakin ini salah, amalannya hanya dzikir sedangkan sholat ditinggalkan. Saya tinggalkan udah," ujarnya.

Hingga pada hijrahnya yang ketiga, dia memutuskan untuk mencoba mengerjakan segala hal yang sunnah, namun dia masih belum merasa hal ini yang tepat. "Semua amal-amalan sunnah saya kerjain. Sehari tuh bisa 3 hari saya datangi pengajian sampai akhirnya saya keblinger karena banyak yang dibilang sunnah," tuturnya.

"Saya sampai minta sama Allah, saat membaca Al-Fatihah itu sampai nangis nggak berhenti-berhenti tuh 'ya Allah tunjukilah jalan Mu yang lurus, saya nggak mau tersesat kaya dulu'," sambungnya.

Sampai akhirnya, hidayah pun datang lewat kajian yang dia temui di salah satu video di kanal YouTube Khalid Basamalah yang di mana dia menonton video berjudul "Ibadah Harus Dipaksakan".

Di sisi lain, Bjah pun menyampaikan harapannya teruntuk dirinya sendiri. "Semoga Allah mengampuni dosa-dosa ana di masa lalu," harapnya.

Baca juga: Keluarga Positif Covid-19? Jangan Panik, Segera Lakukan 7 Hal Ini

"Ya Rob ku, dulu ana mengajak umat untuk bermaksiat sekarang bantulah ana untuk mengganti dosa-dosa ana yang lama," tuturnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1150 seconds (0.1#10.140)