Diabetes Tipe 2, 3 Indikator Gula Darah Tinggi pada Mulut

Rabu, 14 Juli 2021 - 21:09 WIB
loading...
Diabetes Tipe 2, 3 Indikator Gula Darah Tinggi pada Mulut
Diabetes Tipe 2, 3 Indikator Gula Darah Tinggi pada Mulut. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Mulut menyimpan banyak petunjuk tentang kesehatan seseorang secara keseluruhan termasuk kadar gula darah tinggi . Salah satu gejala paling umum dari diabetes tipe 2 adalah mulut kering, atau xerostomia.

Tidak semua orang dengan diabetes akan mengalami mulut kering dan itu bisa disebabkan oleh sejumlah kondisi lain. Dengan belajar mengendalikan kadar gula darah, seseorang dapat mengurangi gejala mulut kering mereka.

Para ahli menyarankan minum obat seperti yang disarankan dan menghindari makanan dan minuman manis. Jika mengalami mulut kering dan menduga mungkin menderita diabetes , Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter.

Gejala mulut kering dapat meliputi lidah yang kasar dan kering, kurangnya kelembaban di mulut, sering sakit di mulut, bibir pecah-pecah, luka di mulut, infeksi pada rongga mulut, kesulitan menelan, berbicara, atau mengunyah.

Baca Juga : Varian Kappa Ditemukan di Indonesia, Ini Gejalanya!

Penyakit gusi bisa menjadi komplikasi diabetes tipe 2. Menurut Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal, itu juga dapat membuat kondisi lebih sulit dikendalikan.

Ini karena respons tubuh terhadap infeksi adalah melepaskan lebih banyak gula darah ke dalam aliran darah. Air liur seseorang sudah mengandung gula darah sehingga jika ada penambahan semakin banyak untuk memberi makan bakteri.

Dilansir dari Express, Rabu (14/7) kombinasi ini dengan makanan di mulut dan plak yang terbentuk menyebabkan penyakit gusi. Gejala penyakit gusi dapat berupa gusi merah atau meradang, tetapi jika tidak diobati, periodontitis atau infeksi gusi dapat terjadi.

Ketika periodontitis terjadi, gusi mulai menarik diri dari gigi atau mungkin muncul nanah atau bisul. Kehilangan gigi juga bisa terjadi, catat Mayo Clinic.

Baca Juga : Gejala Covid-19 Dimulai dengan Urutan Ini, Mirip Penyakit Lainnya
(dra)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1094 seconds (10.101#12.26)