WHO Peringatkan Varian Baru Covid-19 yang Lebih Bahaya Menyebar

Sabtu, 17 Juli 2021 - 08:30 WIB
loading...
WHO Peringatkan Varian Baru Covid-19 yang Lebih Bahaya Menyebar
WHO Peringatkan Varian Baru Covid-19 yang Lebih Bahaya Menyebar. Foto/US News.
A A A
JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa varian Covid-19 yang baru dan lebih berbahaya diperkirakan akan menyebar ke seluruh dunia, sehingga semakin sulit untuk menghentikan pandemi Covid-19 .

Pengumuman itu merupakan berita buruk lebih lanjut karena beberapa negara memerangi gelombang infeksi baru yang dipicu oleh varian baru, yaitu varian Delta yang pertama kali diidentifikasi di India.

"Pandemi belum selesai. Tren baru-baru ini mengkhawatirkan," kata Profesor Didier Houssin selaku ketua Komite Darurat Covid-19 WHO dilansir dari France24, Sabtu (17/7).

Didier menjelaskan, satu setengah tahun setelah WHO pertama kali mendeklarasikan apa yang disebut Darurat Kesehatan Masyarakat yang Menjadi Perhatian Internasional (PHEIC) yakni tingkat siaga tertingginya bahwa pihaknya masih mengejar virus ini dan virus masih berjalan setelahnya.


Untuk saat ini, ada empat varian terkait Covid-19 mendominasi gambaran pandemi global. Di antaranya adalah Alpha, Beta, Gamma dan terutama varian Delta yang menyebar dengan cepat.

Tetapi Didier memperingatkan bahwa yang lebih buruk bisa terjadi di depan. Ia menunjuk pada kemungkinan kuat munculnya dan penyebaran global varian baru dan mungkin lebih berbahaya dari kekhawatiran yang mungkin bahkan lebih menantang untuk dikendalikan.

WHO menyatakan varian sebagai "perhatian" ketika mereka dilihat sebagai lebih menular, lebih mematikan atau memiliki potensi untuk melewati beberapa perlindungan vaksin .

"Pandemi tetap menjadi tantangan secara global dengan negara-negara menavigasi tuntutan kesehatan, ekonomi dan sosial yang berbeda," tandasnya.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)