Penglihatan Kabur Gejala Utama Hipertensi, Tak Boleh Diabaikan

Sabtu, 17 Juli 2021 - 16:30 WIB
loading...
Penglihatan Kabur Gejala Utama Hipertensi, Tak Boleh Diabaikan
Penglihatan Kabur Gejala Utama Hipertensi, Tak Boleh Diabaikan. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Terdapat dua gejala utama tekanan darah tinggi atau hipertensi yang tidak boleh diabaikan. Penglihatan kabur atau pusing bisa menjadi indikator risiko Anda.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di BMC, penglihatan kabur sebagai gejala potensial hipertensi diteliti. Penelitian tersebut mempresentasikan kasus seorang pria berusia 42 tahun yang menderita penglihatan kabur selama tiga minggu di mata kanannya.

Pemeriksaannya signifikan untuk penurunan penglihatan di mata kanan, retinopati difus di kedua mata, dan ablasi retina serosa di mata kanan. Dilansir dari Express, Sabtu (17/7) pasien ditemukan hipertensi dengan tekanan darah 256/160 mmHg.

Dia didiagnosa dengan hipertensi darurat dengan kerusakan organ akhir karena fitur chorioretinopathy hipertensi. Retinopati hipertensi adalah tanda okular yang paling umum dari hipertensi dan merupakan akibat dari rusaknya batas dalam darah-retina.

Baca Juga : Diabetes Tipe 2, 3 Sensasi Gula Darah Tinggi di Kaki Perlu Penanganan Dokter

“Hal ini ditandai dengan atenuasi arteriolar retina, yang disebut kabel tembaga dari arteriol retina yang disebabkan oleh sklerosis dan hialinisasi dinding pembuluh darah, perubahan persilangan arteriovenosa (nicking), bintik-bintik kapas, dan dalam kasus lanjut, eksudasi arteriolar retina yang mengarah ke bintang makula," jelas penelitian tersebut.

Neuropati optik hipertensi kurang umum dan terjadi ketika iskemia retina menyebabkan pembengkakan sel ganglion retina. Sel-sel ini berjalan dari retina bagian dalam dan bergabung untuk membentuk saraf optik. Pembengkakan pada saraf optik menyebabkan elevasi kepala saraf optik dan pendarahan berbentuk api.

Pusing karena tekanan darah yang sangat tinggi digambarkan sebagai vertigo (sensasi bahwa ruangan berputar). Sementara pusing bisa menjadi efek samping dari beberapa obat tekanan darah, itu tidak disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

Namun, pusing tidak boleh diabaikan, terutama jika serangannya tiba-tiba. Jika mengalami pusing mendadak, kehilangan keseimbangan atau koordinasi dan kesulitan berjalan, itu semua bisa menjadi tanda peringatan stroke. Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama untuk stroke.

Baca Juga : Selain Emping, Makanan Ini Penyebab Asam Urat dan Perlu Dihindari
(dra)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1912 seconds (11.210#12.26)