Selesai Isolasi Mandiri Masih Ada Keluhan? Begini Cara Atasinya

Sabtu, 24 Juli 2021 - 19:01 WIB
loading...
Selesai Isolasi Mandiri Masih Ada Keluhan? Begini Cara Atasinya
Selesai Isolasi Mandiri Masih Ada Keluhan? Begini Cara Atasinya. Foto/Health Line.
A A A
JAKARTA - Sebagian orang mengaku masih mengalami keluhan meski sudah selesai menjalani isolasi mandiri . Kondisi ini dinamai long covid sindrom , yang mana sering dialami oleh banyak orang.

Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dr. Vito Anggarino Damay, Sp.JP(K), MKes, AIFO-K, FIHA, FICA, FAsCC menjelaskan, bahwa seseorang yang habis sakit dan meski menang melawan virus , sel-sel tubuhnya mengalami kerusakan.

"Butuh waktu untuk bangkit kembali. Karena itu tenangkan diri Anda, jangan buru-buru aktivitas, tenang dulu. Jangan buru-buru olahraga, tenang dulu, santai dulu. Anda butuh waktu untuk pemulihan," jelas dr. Vito dikutip dari kanal YouTube DRV Channel, Sabtu (24/7).

Lantas apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasi long covid? Berikut ulasannya.

1. Makan makanan bergizi

Makan makanan yang bergizi seperti protein dan buah-buahan mengandung antioksidan. Protein yaitu ikan, telur, tahu, tempe dan kacang-kacangan bisa membantu membangun kembali sel-sel tubuh. Penting juga makan sayuran untuk memulihkan pencernaan dengan serat.

Untuk buah-buahan disarankan berry yang kaya antioksidan. Antioksidan akan mengikat oksidasi sehingga membantu memulihkan tubuh. "Boleh juga pepaya, melon, bisa apa aja karena vitamin dan airnya juga banyak," kata dr. Vito.

2. Gerak tubuh

Gerak tubuh tidak selalu artinya olahraga. Pasalnya, kegiatan rumah seperti menyapu termasuk gerak tubuh. Aktivitas fisik ringan seperti membereskan kamar bisa membantu adaptasi fisik setelah terinfeksi Covid-19 .

"Anda punya waktu untuk beradaptasi. Jangan langsung lari. Sabar dulu, nanti Anda ngos-ngosan. Naik tangga atau ke WC aja kadang orang masih tersengal-sengal, capek pasti karena itu tenang aja," ujar dr. Vito.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1704 seconds (0.1#10.140)