Masih Batuk Pasca Pemulihan Covid-19? Begini Cara Mengatasinya

Senin, 26 Juli 2021 - 20:54 WIB
loading...
Masih Batuk Pasca Pemulihan Covid-19? Begini Cara Mengatasinya
5 Cara Ampuh Mengatasi Batuk Pasca Pemulihan Covid-19. Foto/The World Economic Forum.
A A A
JAKARTA - Batuk pasca pemulihan Covid-19 masih sering terjadi. Kondisi ini bisa diatasi dengan beberapa cara. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), pasien Covid-19 ringan hingga sedang sembuh dalam 10 hari.

Pasien dengan penyakit parah dan kritis membutuhkan waktu hingga 20 hari untuk pulih. Pasien bisa kembali ke rutinitas normal tergantung pada kerusakan yang terjadi pada paru-paru dan jaringan mereka.

Namun, penyembuhan akan lebih lama bagi mereka yang telah menderita penyakit kronis sebelum terinfeksi Covid-19. Berikut cara untuk mengatasi batuk pasca pemulihan Covid-19 dilansir dari Times of India, Senin (26/7).


1. Isolasi mandiri

Tubuh Anda masih rentan terhadap penyakit atau infeksi lain. Bahkan jika tidak ada seorang pun di keluarga Anda yang sakit, mereka mungkin menjadi pembawa dan dapat menginfeksi sehingga Anda terinfeksi ulang. Konsultasikan dengan dokter tentang berapa lama Anda perlu mengisolasi diri .

Anda harus terus melakukan isolasi mandiri agar pulih dari Covid-19 dan mengobati batuk kering. Anda harus mengisolasi diri untuk melindungi diri dari penyakit lain karena Anda lebih rentan terhadap penyakit. Jika mengalami batuk berat, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk obat yang Anda konsumsi.

2. Tidur cukup

Manfaatkan kesempatan ini untuk beristirahat lebih lama sebelum memulai kembali rutinitas sekolah, rumah, atau pekerjaan kantor sebelumnya. Jika Anda mengalami dahak yang banyak di tenggorokan, tidurlah ke sisi tubuh Anda dan jangan telentang karena ini akan membantu mengeluarkan dahak di tenggorokan.


3. Latihan pernapasan

Pasien Covid-19 telah menunjukkan masalah pernapasan selama pasca pemulihan. Untuk mengembalikan pernapasan, cobalah beberapa latihan cepat. Anda dapat mengambil 5 detik untuk menarik napas dan 10 detik untuk menghembuskan napas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2793 seconds (0.1#10.140)