Diabetes Tipe 2, 5 Tanda Gula Darah Tinggi di Pagi Hari

Jum'at, 30 Juli 2021 - 08:36 WIB
loading...
Diabetes Tipe 2, 5 Tanda Gula Darah Tinggi di Pagi Hari
Diabetes Tipe 2, 5 Tanda Kadar Gula Tinggi di Pagi Hari. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Pagi hari adalah waktu paling penting bagi penderita diabetes tipe 2 untuk memastikan gula darah mereka tinggi atau tidak karena fenomena fajar dapat berdampak pada tubuh sepanjang hari.

Dilansir dari Express, Jumat (30/7) fenomena fajar merupakan kenaikan alami gula darah yang terjadi pada dini hari. Pergeseran kadar gula darah terjadi sebagai akibat dari perubahan hormonal dalam tubuh.

Tubuh biasanya menggunakan insulin untuk mengatasi kenaikan gula darah. Namun tubuh penderita diabetes tidak menghasilkan cukup insulin, atau tidak dapat menggunakan insulin dengan benar.


Akibatnya, orang tersebut akan merasakan efek memiliki kadar gula yang tinggi dalam darah. Fenomena fajar bisa menjadi masalah karena tubuh tidak mampu secara alami memperbaiki perubahan insulin di malam hari.

Ini sering menciptakan kadar gula darah tinggi secara konsisten di pagi hari. Perkiraan menunjukkan bahwa fenomena fajar terjadi pada sekitar 50% orang yang memiliki diabetes tipe 2.

Menurut Medical News Today, lima gejala utama yang menandai fenomena fajar meliputi pingsan, mual, pandangan yang kabur, disorientasi dan rasa haus yang ekstrim.


"Fenomena fajar terjadi karena bioritme alami kita di mana produksi hormon insulin (yang menurunkan glukosa) ditekan saat tidur, dan kadar hormon lain yang meningkatkan glukosa (hormon pertumbuhan, glukagon, dan kortisol) meningkat," kata Dr Sarah Brewer.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1693 seconds (0.1#10.140)