Ini Cara Kelola Dana Bansos dengan Bijak

Jum'at, 30 Juli 2021 - 16:31 WIB
loading...
Ini Cara Kelola Dana Bansos dengan Bijak
Bantuan sosial ini diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, khususnya bagi mereka yang terdampak pandemi. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Menteri Sosial, Tri Rismaharini menjelaskan, bantuan kepada setiap kepala keluarga berbeda-beda jumlahnya. Satu keluarga bisa menerima 4 hingga 5 jenis bantuan. Salah satunya, Bantuan Sosial Tunai yang disalurkan kepada 10 juta keluarga penerima manfaat dalam 4 bulan. Ada beberapa jenis bantuan sosial, Bantuan Sosial Tunai (BST), Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako atau Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), BLT Dana Desa, hingga Kartu Prakerja.

Baca juga: 10 Nominasi Bertabur Bintang Ramaikan Indonesian Digital Awards 2021

"Kemudian Bantuan Sosial Tunai pada saat awal 2021 karena diprediksi saat itu bahwa Covid akan selesai di bulan April dengan pertimbangan macam-macam termasuk vaksin maka kemudian BST yang diberikan kepada 10 juta keluarga penerima manfaat itu diberikan dalam 4 bulan, nominalnya Rp300.000 per bulan," kata Risma (25/7/2021).

Bantuan sosial ini diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, khususnya bagi mereka yang terdampak pandemi. Dikutip dari Okezone.com, Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE), Mike Rini mengatakan, masyarakat harus bisa mengatur keuangan dana bansos dengan cermat karena jumlah dana dan penerimanya memiliki keterbatasan.

"Mendapat bansos itu tentunya harus diatur dengan cermat ya, karena yang menerima sebenarnya kan yang punya kualifikasi, jadi tidak semua orang. Yang punya kualifikasi ini berarti mereka yang sudah teridentifikasi membutuhkan," katanya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, di Jakarta, Kamis (22/7).

Bantuan sosial ini diharapkan mampu membuat masyarakat bertahan di tengah pandemi. Masyarakat harus bisa menentukan skala prioritas dalam penggunaannya.

"Dana sebesar Rp600.000 ribu itu tujuannya untuk survive di masa pandemi ini. Nah, karena itu penggunaannya harus disesuaikan dengan prioritas mana yang harus didahulukan dalam rangka kita bisa bertahan di masa pandemi ini," tambah Mike.

Dalam menentukan skala prioritas penggunaan dana bansos di masa pandemi ini, biaya pengobatan dan vitamin jadi prioritas utama. Setelah itu, masyarakat bisa gunakan dana tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tentunya dengan memilih cara yang mudah dan hemat, yakni berbelanja dari rumah.

Head of Partnership Mister Aladin, William Reinhard yakin, di masa sekarang ini, masyarakat lebih memilih untuk berbelanja dari rumah untuk memenuhi kebutuhan hariannya. Selain karena lebih mudah, masyarakat bisa menghemat waktu, tenaga, dan uang.

"Sekarang ini masyarakat makin terbiasa dengan belanja online, selain mudah juga jauh lebih hemat dari segi waktu, tenaga dan juga biaya. Apalagi di masa pandemi ini, belanja dari rumah jauh lebih aman, dan tentu akan lebih hemat jika belanja di AladinMall," kata William, Selasa (27/7).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1116 seconds (0.1#10.140)