Sebelum Menyusui, Seorang Ibu Butuh Kesiapan Fisik dan Mental

Sabtu, 31 Juli 2021 - 05:35 WIB
loading...
Sebelum Menyusui, Seorang Ibu Butuh Kesiapan Fisik dan Mental
Dukungan bagi sang ibu sangat penting dilakukan agar mereka bisa tetap yakin dan tenang selama masa menyusui. / Foto: ilustrasi/healthline
A A A
JAKARTA - Proses menyusui merupakan momen penting dalam perjalanan menjadi seorang ibu . Asupan nutrisi, kesiapan fisik maupun mental menjadi unsur penting yang harus diperhatikan. Oleh sebab itu, dukungan bagi sang ibu sangat penting dilakukan agar mereka bisa tetap yakin dan tenang selama masa menyusui.

Baca juga: Sukses Bikin Iri, Ternyata Rahasia Perawatan Kecantikan Jennie Blackpink Sangat Sederhana

Dokter Spesialis Anak di RSIA SamMarie Basra & RSUD Budhi Asih, dr. Zidnie Prissilla Primawati, Sp.A, menjelaskan, dalam proses menyusui, seorang ibu membutuhkan kesiapan fisik dan mental. Hal tersebut harus dimulai dari usia awal kehamilan demi kelancaran proses produksi dan pemberian ASI .

"Dari sisi fisik perlu diperhatikan kondisi payudara dan puting yang harus selalu dijaga kebersihan dan kelembabannya. Jika payudara membengkak namun tidak optimal dalam mengeluarkan ASI, aplikasikan teknik pijat laktasi untuk membuat rileks dan membantu mengeluarkan ASI yang tersumbat," kata dr. Zidnie dalam siaran pers 'Edukasi Digital ‘7 Hari Anmum Jadi Yakin Live", Jumat (30/7).

Selain itu, asupan nutrisi juga menjadi satu faktor penting yang harus menjadi prioritas sang ibu untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Sebab, menyusui adalah proses yang panjang dan dapat menguras tenaga. Faktor kesiapan mental juga tidak kalah pentingnya, terlebih di masa pandemi. Sebab kondisi tersebut menambah kekhawatiran hingga stres dan berisiko menghambat produksi ASI.

"Cobalah untuk komunikasi dengan pasangan, dapatkan dukungan dari keluarga, gali inspirasi dari sesama ibu menyusui, serta lengkapi informasi yang komprehensif seputar menyusui. Meskipun saat ini tidak dapat memperoleh informasi dari fasilitas kesehatan secara leluasa, namun ibu tetap dapat mengakses beragam edukasi digital selama divalidasi oleh pakar terpercaya," tuturnya.

Baca juga: Adik Kris Hatta, Cyndyana Lorens Masuk Islam Usai Temukan Bagian yang Hilang dari Hidupnya

Dia menambahkan jika semua aspek yang diperlukan oleh ibu hamil terpenuhi dengan baik, maka seluruh faktor ini akan membantu kondisi psikologis ibu dan meningkatkan hormon oksitosin yang berperan dalam melancarkan aliran ASI.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4732 seconds (0.1#10.140)