5 Gejala Infeksi Covid-19 yang Tak Disadari, Apa Saja?

Sabtu, 31 Juli 2021 - 14:00 WIB
loading...
5 Gejala Infeksi Covid-19 yang Tak Disadari, Apa Saja?
5 Gejala Infeksi Covid-19 yang Tak Disadari, Apa Saja? Foto/Daily Star.
A A A
JAKARTA - Banyak masyarakat yang terinfeksi Covid-19 namun tidak menyadarinya karena tidak memiliki gejala yang berarti. Kondisi inilah yang cukup memperihatinkan, karena berpotensi menularkan kepada orang lain tanpa disadari.

Sebagaimana diketahui, saat ini banyak sekali masyarakat yang berstatus terinfeksi namun tidak memiliki gejala (OTG) maupun hanya mengalami gejala ringan.

Dokter Ahli Jantung dari London, dr. Dominic Pimenta, mengatakan bahwa masyarakat menyadari gejala khas Covid-19 umumnya adalah demam tinggi, dan batuk kering . Tetapi saat ini banyak pasien (hingga 80%) memiliki gejala yang sangat ringan atau tidak sama sekali.

"Ketika gejala benar-benar terjadi, demam dan batuk muncul pada sekitar 50% dan 60% pasien," kata dr. Dominic dilansir dari Daily Star, Sabtu (31/07).

Mengkhawatirkannya lagi, seseorang juga dapat tertular virus corona lebih dari sekali. Berikut adalah beberapa gejala yang bisa menjadi indikator bahwa seseorang telah terinfeksi Covid-19 tanpa disadari.


1. Kelelahan

Jika seseorang merasakan kelelahan selama sekitar satu minggu, dan hampir tidak dapat mengingat apa yang terjadi selama periode waktu itu, maka kemungkinan orang tersebut terinfeksi Covid-19. Sebab, lebih dari 60% orang menggambarkan kelelahan sebagai salah satu gejala Covid-19.

2. Sakit tenggorokan

Seseorang bisa mengalami serak apabila mengalami kelelahan, atau flu biasa. Tetapi gejala ini juga menjadi salah satu tanda seseorang terinfeksi Covid-19. Lebih dari setengah populasi (52,2%), penderita sakit tenggorokan adalah salah satu dari gejala yang mereka rasakan.


3. Kehilangan indera penciuman dan rasa
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1465 seconds (0.1#10.140)