Mengapa Makan Bersama Berisiko Tinggi Menularkan Covid-19? Ini Alasannya!

Senin, 02 Agustus 2021 - 10:18 WIB
loading...
Mengapa Makan Bersama Berisiko Tinggi Menularkan Covid-19? Ini Alasannya!
Makan bersama berisiko tinggi menularkan Covid-19. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Makan bersama merupakan salah satu aktivitas yang berisiko tinggi menularkan virus Covid-19 . Tak heran bila di masa PPKM, pemerintah benar-benar mengatur urusan makan di rumah makan. Setiap orang dibatasi boleh makan di tempat selama 20 menit saja.

Ya, hal ini dilakukan lantaran makan bersama di tempat, membawa risiko penularan Covid-19 yang sangat tinggi. Seseorang akan sangat mudah terinfeksi Covid-19 dengan orang lain, apabila mengonsumsi makanan bersama di tempat umum.

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) @lawancovid19_id, Senin (2/8/2021), berikut alasan mengapa makan bersama di tempat membawa risiko penularan Covid-19 lebih tinggi.

Baca Juga : Wah Mantap! Capaian Vaksinasi Covid-19 di Wilayah Ini Tembus Lebih dari 50 Persen

"Saat makan bersama, seseorang akan melepaskan masker untuk makan. Selain itu seseorang juga akan lupa untuk menjaga jarak dan biasanya akan makan sambil mengobrol," tulis unggahan yang diposting KPCPEN.

Alhasil kegiatan tersebut akan membuat banyak droplet bertebaran, sehingga menimbulkan potensi tertular Covid-19. Seseorang bisa saja terinfeksi Covid-19, namun tidak bergejala dan tidak di tes dan bisa memperluas terjadinya penularan penyakit.

Apabila memang diharuskan makan di tempat karena berbagai alasan, tentunya ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Diantaranya adalah tetap menjaga jarak, tidak sambil mengobrol, jika terdapat makanan yang dikonsumsi bersama, gunakan alat makan terpisah khusus untuk mengambil makanan.

Baca Juga : Sistem Pencernaan Manusia Harus Dijaga Agar Tetap Sehat, Begini Caranya!

Selain itu tetap patuhi protokol kesehatan secara ketat. Diantaranya dengan mencuci tangan pakai sabun dan hand sanitizer, mengenakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2355 seconds (0.1#10.140)