Ogah Divaksin karena Takut Jarum Suntik? Begini Tips Mengatasinya

Kamis, 05 Agustus 2021 - 16:04 WIB
loading...
Ogah Divaksin karena Takut Jarum Suntik? Begini Tips Mengatasinya
Bagi para trypanophobia mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 adalah salah satu hal yang paling mengerikan dan menyakitkan. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Selama pandemi Covid-19 , vaksinasi menjadi hal yang sangat penting dilakukan. Selain bisa mencegah tingkat keparahan yang muncul saat terinfeksi Covid-19, vaksinasi juga bisa menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) yang dapat melindungi masyarakat dari penyakit.

Baca juga: Belum Ada Bukti Hewan Terinfeksi Covid-19 Menularkan Virus ke Manusia

Kendati demikian, saat ini, masih banyak masyarakat yang enggan atau ragu untuk divaksinasi karena berbagai macam alasan, salah satunya adalah trypanophobia.

Tak bisa dimungkiri, tak sedikit masyarakat Indonesia yang memang fobia dengan jarum suntik. Bagi para trypanophobia mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 adalah salah satu hal yang paling mengerikan dan menyakitkan.

Mereka bahkan bisa mengalami gejala-gejala khusus yang sangat tidak nyaman, seperti berkeringat, tremor, detak jantung kencang, pusing, atau bahkan pingsan.⁣

Tentunya kondisi ini membuat orang dengan trypanophobia menjadi takut dan ragu untuk divaksin Covid-19. Merangkum dari laman Instagram Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku @satgasperubahanperilaku, Kamis (5/8), membagikan tips mengatasi takut saat disuntik vaksin Covid-19.

1. Abaikan informasi salah (Hoax) tentang vaksin untuk mengurangi fobia.

2. Fokus pada hal-hal positif.

3. Makan dan minum yang cukup sebelum divaksin supaya terhidrasi dengan baik dan membantu mengurangi perasaan pusing.

4. Mengingat tempat favorit dapat membantu menenangkan kecemasan.

5. Hindari melihat jarum suntik.

6. Tidak perlu malu untuk menyampaikan kepada petugas kesehatan bahwa takut dengan jarum suntik.

Dengan enam cara tersebut, mudah-mudahan rasa takut terhadap jarum suntik bisa teratasi sehingga vaksinasi Covid-19 dapat berjalan dengan lancar.

Baca juga: Nyaris Tak Miliki Dokumentasi, Film Dokumenter Led Zeppelin Akhirnya Rampung Digarap

Jangan lupa untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M seperti mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, memakai masker, dan menjaga jarak agar terhindar dari Covid-19.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)