Kisah di Balik Shalimar, Parfum Kesukaan Soekarno yang Harganya Rp1,6 Juta

Kamis, 05 Agustus 2021 - 17:50 WIB
loading...
Kisah di Balik Shalimar, Parfum Kesukaan Soekarno yang Harganya Rp1,6 Juta
Presiden pertama Indonesia Soekarno. Foto/IG @presidensukarno
A A A
JAKARTA - Presiden pertama Indonesia Soekarno suka sekali dengan parfum Shalimar keluaran Guerlain. Wewangian tersebut bahkan menjadi ciri khas Bung Karno semasa hidup.

Kisah mistis terkait parfum Shalimar dan Soekarno pun sempat berembus kencang. Kala itu istri Soekarno, Ratna Sari Dewi , tengah berbincang dengan Rachmawati Soekarnoputri, Benny Sumarno, Edi Sukmoro, dan seorang wartawan.



Tiba-tiba saja Ratna Dewi mencium bau khas suaminya. Ya, itu bau Shalimar yang sangat dia kenali. "Saya mencium aroma Bapak (Soekarno)," katanya, sebagaimana dikutip dari buku berjudul Sisi Lain Istana karya J. Osdar, seperti dikutip Kamis (5/8).

Shalimar yang merupakan salah satu varian parfum keluaran brand Guerlain memang sesuatu yang sangat populer sejak zaman dulu. Parfum ini memiliki daya pikat luar biasa dan siapa pun yang memakainya dipercayai akan memiliki kharisma yang besar.

Tapi, tahukah Anda seperti apa bau parfum Shalimar?

Menurut laman resmi Guerlain, Shalimar adalah parfum oriental pertama dalam sejarah. Memiliki nama lengkap L'Eau de Parfum Shalimar, wewangian ini termasuk dalam 'mythic fragrance' dengan wangi utamanya bergamot, iris, dan vanilla.

Kisah di Balik Shalimar, Parfum Kesukaan Soekarno yang Harganya Rp1,6 Juta


Dengan wangi semacam itu, diterangkan laman Guerlain, bahwa pemakainya akan memiliki aura bersinar sekaligus ada sentuhan sensual dari pancaran wangi yang sulit ditemukan di parfum lain.

Bagaimana sejarah terciptanya parfum Shalimar?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1933 seconds (0.1#10.140)