Dokter Jelaskan Soal Penyakit Dicovidkan: Diagnosis Ikuti Pedoman

Jum'at, 06 Agustus 2021 - 14:08 WIB
loading...
Dokter Jelaskan Soal Penyakit Dicovidkan: Diagnosis Ikuti Pedoman
Dokter Jelaskan Soal Penyakit Dicovidkan: Diagnosis Ikuti Pedoman. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Banyak masyarakat merasa semua penyakit dicovidkan . Menjawab hal tersebut, influencer kesehatan sekaligus dokter relawan Covid-19 , dr. Muhamad Fajri Adda’i memberikan penjelasan.

Lewat Instagram pribadinya, ia memastikan bahwa kabar yang beredar tentang rumah sakit yang selalu mengcovidkan pasien adalah tidak benar atau hoaks .

Menurut dr. Fajri, untuk mendiagnosis suatu penyakit, dokter membutuhkan banyak sekali data yang diperoleh dari riwayat penyakit, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang. Dari data tersebut, didapat beberapa kemungkinan penyakit dan nantinya akan bisa ditarik kesimpulan diagnosis.


“Untuk mendiagnosis, dokter mengikuti pedoman Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan pedoman tatalaksana Covid-19 yang sudah diterapkan,” kata dr. Fajri dikutip Jumat (6/8).

Dalam unggahan tersebut dr. Fajri pun menjelaskan mengapa akhir-akhir ini semua penyakit yang dikeluhkan pasien, dianggap Covid-19. Menurutnya ada beberapa alasan utama. Berikut ulasannya.

1. Selama ada kecurigaan, dokter dapat menetapkan status pasien sebagai suspek atau probable Covid-19.

2. Perlakuan pasien ini akan sama seperti pada pasien konfirmasi, sambil melakukan pemeriksaan lainnya untuk memastikan diagnosis.


3. Perlakuan yang sama ini bertujuan untuk mengurangi potensi penyebaran ke orang lain, serta pemberian terapi karena Covid-19 dapat menyerang berbagai organ.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2058 seconds (0.1#10.140)