Diabetes Tipe 2, Minum Kopi Pagi Hari Buruk untuk Gula Darah

Jum'at, 06 Agustus 2021 - 08:44 WIB
loading...
Diabetes Tipe 2, Minum Kopi Pagi Hari Buruk untuk Gula Darah
Diabetes Tipe 2, Minum Kopi Pagi Hari Buruk untuk Gula Darah. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Minum kopi di pagi hari bisa berdampak buruk pada penderita diabetes tipe 2 . Pasalnya meski nikmat, kopi dinilai bisa berdampak buruk pada kontrol gula darah .

Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition, bahwa minum kopi hitam yang kuat untuk membangunkan Anda setelah tidur malam yang buruk dapat mengganggu kontrol kadar gula darah.

Penelitian dari Center for Nutrition, Exercise & Metabolism di University of Bath (UK) melihat efek dari istirahat tidur dan kopi pagi di berbagai penanda metabolisme yang berbeda.

Para ilmuwan menunjukkan bahwa satu malam kurang tidur memiliki dampak pada metabolisme dan minum kopi sebagai cara untuk membangunkan dari tidur dapat memiliki efek negatif pada kontrol gula darah.

Baca Juga : Isolasi Mandiri Kini Cukup 5 Hari, Tak Perlu 10 Hari

Untuk mengumpulkan temuan mereka, ahli fisiologi di University of Bath meminta 29 pria dan wanita sehat untuk menjalani tiga eksperimen semalam yang berbeda dalam urutan acak.

Yaitu peserta tidur malam yang normal dan diminta untuk mengkonsumsi minuman manis saat bangun di pagi hari. Pada kesempatan lain, peserta mengalami gangguan tidur malam dengan peneliti membangunkan mereka setiap jam selama lima menit dan diberi minuman manis yang sama.

Di sisi lain, peserta mengalami gangguan tidur yang sama yaitu terbangun sepanjang malam, tetapi mereka diberikan kopi hitam pekat 30 menit sebelum mengonsumsi minuman manis.

Dalam setiap tes ini, sampel darah dari peserta diambil setelah minuman manis yang kandungan energinya (kalori) mencerminkan apa yang biasanya dikonsumsi saat sarapan.

Baca Juga : Diabetes Tipe 2, Waktu Makan Terbaik untuk Hindari Gula Darah Tinggi
(dra)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1720 seconds (10.177#12.26)