Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Cegah Kanker Hingga Epilepsi

Jum'at, 06 Agustus 2021 - 16:51 WIB
loading...
Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Cegah Kanker Hingga Epilepsi
Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Cegah Kanker Hingga Epilepsi. Foto/Healthline.
A A A
JAKARTA - Manfaat daun salam untuk kesehatan sangat beragam. Mulai dari mencegah kanker hingga mengobati epilepsi .

Daun salam berasal dari keluarga laurel, keluarga pohon cemara dan semak belukar yang paling sering ditemukan di beberapa bagian Asia dan Amerika. Ini berbeda dari laurel lainnya karena berasal dari dekat Mediterania.

Daun salam telah digunakan dengan berbagai cara sepanjang sejarah. Termasuk sebagai diuretik atau bahkan sebagai yang mengeluarkan keringat. Dilansir dari Healthline, Jumat (6/8) berikut manfaat daun salam untuk kesehatan.

1. Mencegah kanker

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa daun salam dapat mencegah kanker payudara. Peneliti menemukan bahwa ekstrak dari daun salam dapat membantu membunuh sel kanker dengan membantu apoptosis, atau kematian sel terprogram.


2. Solusi untuk diabetes

Menurut sebuah studi pada 2009, mengonsumsi kapsul yang mengandung 1-3g daun salam setiap hari dapat membantu menurunkan dan mengelola kadar glukosa dan kadar kolesterol pada penderita diabetes .

Ini kemungkinan besar karena daun salam mengandung polifenol, yang merupakan antioksidan kuat. Informasi yang menjanjikan ini menunjukkan bahwa daun salam dapat membantu mengatur dan bahkan mencegah diabetes dan penyakit kardiovaskular lainnya.

3. Mengobati luka

Studi sejauh ini telah menunjukkan bahwa ekstrak daun dalam dapat mengurangi peradangan di area luka. Percobaan yang telah dilakukan pada tikus ini membuat para ilmuwan optimis bahwa daun salam dapat berfungsi sama pada manusia. Jika demikian, tradisi kuno menggunakan daun ini untuk penyembuhan akhirnya akan memiliki bukti ilmiah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2487 seconds (0.1#10.140)