Diabetes Tipe 2, Tanda Gula Darah di Kaki yang Sebabkan Amputasi

Sabtu, 07 Agustus 2021 - 09:47 WIB
loading...
Diabetes Tipe 2, Tanda Gula Darah di Kaki yang Sebabkan Amputasi
Diabetes Tipe 2, Tanda Gula Darah di Kaki yang Sebabkan Amputasi. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Diabetes tipe 2 merupakan kondisi kronis yang dapat mengancam jiwa jika kadar gula darah tinggi tidak diturunkan. Tanda di kaki bisa menandakan kadar gula darah tinggi membuat Anda berisiko diamputasi .

Salah satu tanda yang dapat menempatkan Anda pada peningkatan risiko amputasi kaki adalah ulkus diabetik. Diabetes dapat mempengaruhi saraf dan pembuluh darah di kaki sehingga berisiko merusak kulit secara langsung.

"Ini komplikasi yang paling ditakuti. Tanpa pengobatan cepat, ada risiko infeksi, persistensi ulkus dan kemungkinan amputasi," kata Konsultan Diabetes dan Pengobatan Makanan Diabetes di Rumah Sakit London Bridge, Dokter Prash Vas dilansir dari Express, Sabtu (7/8).


Untungnya, ada banyak kesempatan untuk memperbaiki keadaan sebelum prosedur darurat diperlukan. Perubahan terjadi sangat lambat dengan banyak yang tidak melaporkan gejala apa pun sampai terjadi komplikasi.

Menurut NHS, ulkus diabetik merupakan luka terbuka atau luka pada kulit yang lambat sembuhnya. "Jika Anda memiliki kaki yang mati rasa, mudah untuk memotong kaki Anda dengan menginjak sesuatu yang tajam," jelas NHS.

Kondisi ini juga bisa muncul jika Anda tanpa sadar mengalami lepuh disebabkan oleh sepatu yang tidak pas. Untuk mencegah komplikasi kaki, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan kaki secara teratur.


"Orang dengan diabetes harus memeriksakan kaki mereka setidaknya setahun sekali oleh dokter atau profesional kesehatan," ujar Diabetes.co.uk.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2446 seconds (0.1#10.140)