Cegah Infeksi Covid-19, Hindari Penggunaan Lensa Kontak

Jum'at, 29 Mei 2020 - 04:04 WIB
loading...
Cegah Infeksi Covid-19, Hindari Penggunaan Lensa Kontak
Menggunakan lensa kontak dengan memakai tangan dapat meningkatkan risiko infeksi Covid-19. / Foto: PerfectLensWorld
A A A
SAN FRANCISCO - Selama pandemi Covid-19, masyarakat dianjurkan menggunakan kacamata dibandingkan lensa kontak. NHS sendiri telah memperingatkan masyarakat untuk tidak menyentuh wajah karena kebiasaan ini dapat menyebabkan penularan Covid-19 melalui area mata salah satunya.

Ahli dari American Academy of Ophthalmology, Dr Sonal Tulsi merekomendasikan menggunakan kacamata sebagai gantinya. Pasalnya, menggunakan lensa kontakdengan memakaitangan dapat meningkatkan risiko infeksi Covid-19. Risiko infeksi pun akan semakin besar, jika Anda sering menggosok mata.

"Mengganti kacamata untuk lensa dapat mengurangi iritasi dan memaksa Anda untuk berhenti sebelum menyentuh mata Anda," kata Tulsi kepada ABC13 dan dilansir Daliy Star, belum lama ini.

Cara sederhana ini dapat mengurangi peluang Anda tertular virus, tapi tidak sepenuhnya memberikan perlindungan. Oleh karena itu, pemerintah mengimbau masyarakat untuk menjaga jarak sosial dengan cara tetap di rumah, bekerja, belajar dan beribadah di rumah.

Cara ini dinilai mampu memutus mata rantai penularan Covid-19. Di sisi lain, pemerintah serta para ahli memperingatkan masyarakat untuk menghindari pertemuan dan berada di keramaian. Untuk mencegah penyebaran Covid-19, dianjurkan juga untuk menjaga kebersihan.

Mencuci tangan di air mengalir menggunakan sabun selama 20 detik adalah suatu keharusan, serta mendisinfeksi rumah untuk menghilangkan kuman yang masih hidup.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2296 seconds (0.1#10.140)