5 Lagu Ini Paling Sering Dikumandangkan dalam Tiap Peringatan Kemerdekaan RI

Senin, 09 Agustus 2021 - 21:17 WIB
loading...
5 Lagu Ini Paling Sering Dikumandangkan dalam Tiap Peringatan Kemerdekaan RI
Semangat memperingati kemerdekaan RI bisa dilakukan dengan mendengarkan lagu-lagu yang menggugah rasa nasionalisme. Foto Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Hari Kemerdekaan RI diperingati tiap tanggal 17 Agustus. Biasanya, perayaan ini dimeriahkan dengan perlombaan di berbagai lapisan masyarakat. Mulai lingkungan perumahan, sekolah, hingga instansi perusahaan.

Meski kini pandemi Covid-19 serbamembatasi kegiatan masyarakat, semangat memperingati kemerdekaan RI tetap bisa dilakukan dengan mendengarkan iringan lagu-lagu yang menggugah rasa nasionalisme.



Berikut ini lima lagu yang biasa dikumandangkan di setiap peringatan HUT RI.

1. Hari Merdeka

'Tujuh belas Agustus tahun empat lima.. itulah hari kemerdekaan kita..' adalah penggalan lagu Hari Merdeka yang biasa berkumandang setiap peringatan HUT RI. Lagu ini dicipatakan oleh Husein Mutahar, yang juga dikenal sebagai tokoh pencetus berdirinya Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka).

Memiliki komposisi nada yang bersemangat, lagu ciptaan kedua Husein Mutahar ini menggambarkan gigihnya perjuangan pahlawan mempertahankan Indonesia serta kesediaan masyarakat membela negara sampai akhir hayat.

2. Indonesia Raya

Sebagai lagu kebangsaan, tentu Indonesia Raya menjadi lagu wajib yang dikumandangkan di momen HUT RI. Lagu ini diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman, wartawan sekaligus komponis.

Supratman pertama kali membawakan instrumen Indonesia Raya dalam Kongres Pemuda II pada 28 Oktober 1928. Selain memiliki melodi indah, lagu ini memiliki makna mendalam tentang pentingnya persatuan untuk bangsa Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2561 seconds (0.1#10.140)