Covid-19 Dapat Kacaukan Siklus Menstruasi, Ini Cara Mengatasinya

Rabu, 11 Agustus 2021 - 07:30 WIB
loading...
Covid-19 Dapat Kacaukan Siklus Menstruasi, Ini Cara Mengatasinya
Covid-19 Dapat Kacaukan Siklus Menstruasi, Ini Cara Mengatasinya. Foto/Times of India.
A A A
JAKARTA - Covid-19 dapat memiliki beberapa pengaruh kesehatan , termasuk mengacaukan siklus menstruasi . Selama pandemi Covid-19, dokter dan ginekolog telah melaporkan jumlah kasus yang lebih tinggi, di mana wanita memiliki masalah dengan menstruasi yang tidak teratur.

Covid-19 telah menyebabkan stres psikologis yang sangat besar, dan seperti diketahui, stres dapat menyebabkan perubahan siklus menstruasi. Mayoritas wanita tidak melihat perbedaan dalam siklus menstruasi mereka.

Dilansir dari Health Shots, Selasa (10/8) orang-orang yang mengalami perubahan apapun melihat masalah itu hilang dalam satu hingga dua bulan. Studi lebih lanjut diperlukan dalam hal ini untuk sampai pada kesimpulan.

Fungsi menstruasi yang normal pada wanita terutama tergantung pada sekresi hormon dari hipotalamus, kelenjar pituitari, dan ovarium. Beberapa wanita menghadapi masalah seperti dua siklus di bulan yang sama, menstruasi tertunda, periode yang lebih berat atau ringan, periode yang lebih lama, atau gejala PMS yang ekstrim.

Alasan utama mengapa begitu banyak wanita menghadapi masalah ini adalah karena faktor-faktor tertentu yang mempengaruhi menstruasi mereka. Bagi wanita yang menangani tanggung jawab profesional dan pribadi, pandemi Covid-19 membuatnya sangat sulit untuk menyeimbangkan keduanya.


Selama Covid-19, ada tekanan tambahan di tempat kerja, karena orang-orang mengambil kebebasan untuk menugaskan banyak pekerjaan kapan saja sepanjang hari. Perempuan harus mengurus anak-anak mereka, rumah tangga mereka, dan pekerjaan mereka pada saat yang sama, dan itu juga tanpa bantuan siapa pun.

Ini berdampak pada kesehatan mental dan kesehatan menstruasi mereka juga. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi siklus menstruasi yang berantakan.

1. Yoga dapat membantu beberapa orang untuk mendapatkan siklus mereka kembali normal.

2. Mulailah berolahraga dan bermeditasi karena dapat membantu tubuh untuk fokus dan melepaskan stres. Meluangkan waktu ini untuk diri sendiri dapat membantu melepaskan stres ekstra yang mungkin Anda bawa.

3. Mulailah makan lebih baik dan tingkatkan asupan air. Kendalikan diet Anda dan kurangi makanan kemasan.

4. Jika direkomendasikan oleh dokter, minumlah obat jika diperlukan.


5. Carilah bantuan medis, setiap kali ada membutuhkan. Konsultasi virtual keduanya tersedia selama pandemi Covid-19.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1953 seconds (0.1#10.140)