Rayakan 10 Tahun Berkarya, Tulus Rilis Single Ingkar di Tengah Pandemi

Jum'at, 13 Agustus 2021 - 17:17 WIB
loading...
Rayakan 10 Tahun Berkarya, Tulus Rilis Single Ingkar di Tengah Pandemi
Rayakan 10 Tahun Berkarya, Tulus Rilis Single Ingkar di Tengah Pandemi. Foto/instagram @tulusm
A A A
JAKARTA - Penyanyi Tulus kembali merilis single lagu terbaru ditengah pandemi berjudul "Ingkar". Single ini merupakan hasil kolaborasi Tulus sebagai penulis lirik, dengan Ari Renaldi sebagai aransemen musik, serta Erwin Gutawa sebagai aransemen orkestra. Menariknya single kedua di tengah masa pandemi ini menjadi bagian dari akan rilis album barunya serta perayaan 10 tahun berkarya di industri musik tanah air.

Tulus bisa terus produktif berkarya di tengah pandemi dengan cara memanfaatkan teknologi. Alhasil, ditengah kondisi ruang gerak yang saat ini sedang sempit, tidak membatasi luasnya ruang kolaborasi dalam proses penciptaan karya baru solois Tulus yang kembali menggandeng produser Ari Renaldi, yang sudah beberapa kali berkarya bersama Tulus, membuat aransemen dan berkolaborasi bersama komponis Erwin Gutawa .

Luar biasanya single ini juga menjadi penanda dalam perjalanan karier bermusik selama 10 tahun ini penyanyi kelahiran Bukittinggi, 20 Agustus 1987 ini, dimana pada September 2021, pelantun Jangan Cintai Aku Apa Adanya ini akan merayakan 10 tahun perjalanannya di dunia musik. Lagu "Ingkar" menjadi pertanda dimulainya proses Tulus menuju karya album berikutnya serta bagian tak terpisahkan dari perjalanan sepuluh tahun karir bermusiknya.

"Senang sekali bisa merilis karya baru ditengah pandemi ini dan pada September tahun ini akan menjadi tahun kesepuluh perjalanan musik Tulus. Lagu ini juga menjadi tanda, dimulainya proses saya menuju merilis karya album berikutnya,"ujar Muhammad Tulus kepada SINDOnews.com dalam keterangan tertulisnya pada SINDOnews.com, Jumat (13/08/2021).



Album tersebut merupakan salah satu bagian dari satu dasawarsa perjalanan musik Tulus dan saat ini tengah dalam proses penggarapan. Menariknya seperti sebelumnya Tulus banyak mengajak beragam seniman dan kali berkolaborasi dengan Bandu Darmawan, seorang perupa multimedia. Kolaborasi yang luas, di tengah ruang gerak yang sedang sempit ini menghasilkan sebuah video Tulus menyanyikan langsung lagu “Ingkar”, di depan sebuah instalasi seni.

Bisa dikatakan, ini bukanlah single perdananya yang dibuat oleh Arsitek lulusan Universitas Katolik Parahyangan Bandung ditengah kondisi pandemi saat ini dimana tahun lalu Tulus telah meluncurkan lagu berjudul "Adaptasi" yang menggambarkan kondisi selama wabah virus corona menerpa Indonesia dan dunia.

Pemilik nama lengkap Muhammad Tulus Rusydi ini menuturkan, lirik "Adaptasi" menggambarkan tentang menikmati hal-hal kecil di sekitar kita. Juga, tentang kebahagiaan yang kini lebih mudah dirasakan lewat hal-hal sederhana

Single Ingkar ini telah rilis pada 13 Agustus 2021 pukul 00.00 WIB di bawah label rekaman TulusCompany. Saat ini, lagu "Ingkar" sudah dapat dinikmati dan disimak di berbagai platform musik digital.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1834 seconds (0.1#10.140)