Gaya Hidup Baru Anggota Gerakan Pramuka Saat Pandemi Covid-19

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 23:01 WIB
loading...
Gaya Hidup Baru Anggota Gerakan Pramuka Saat Pandemi Covid-19
Gaya Hidup Baru Anggota Gerakan Pramuka Saat Pandemi Covid-19. Foto/dok resmi.
A A A
JAKARTA - Hari Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus. Bertepatan dengan Hari Pramuka ke-60, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso mengatakan Kwartir Nasional telah membentuk Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19, juga satuan-satuan sejenis di tingkat Kwartir Daerah, Cabang, sampai dengan Ranting.

"Berbagai upaya dalam rangka untuk membantu menanggulangi Pandemi Covid-19 telah kami lakukan, mulai dari lingkungan Gerakan Pramuka itu sendiri, antara lain menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dalam setiap kegiatan, seperti melakukan test swab antigen sebelum melaksanakan acara. Kami menggerakkan 11.000 anggota Gerakan Pramuka sebagai Duta Perubahan Perilaku," kata Budi Waseso.

Budi Waseso menjelaskan bahwa peran dari Duta Perubahan Perilaku yang dijaring dari anggota Gerakan Pramuka yang bertujuan untuk mensosialisasikan agar masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan.

"Sebanyak 2.500 personel Relawan Pramuka juga ikut membantu menyiapkan dan mendistribusikan alat pelindung diri, membantu penyemprotan desinfektan, melaksanakan vaksinasi bagi lebih dari 1 juta anggota Gerakan Pramuka, dan ikut pula mendonorkan darah serta plasma konvalesen," jelas Budi Waseso.

Di sisi lain, Presiden Republik Indonesia selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan terimakasih kepada seluruh anggota Gerakan Pramuka di seluruh Indonesia karena pada masa pandemi Covid-19 ini Pramuka bekerja tanpa henti, bahu membahu dengan seluruh elemen bangsa membantu penanganan Covid-19 di lingkungan masing-masing.


"Inilah Jiwa Pramuka sejati yang tertuang dalam Dwi Darma, Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka, terpanggil rela berkorban untuk membantu sesama tanpa melihat perbedaan, suku, agama dan golongan," ujar Presiden Jokowi saat menjadi Pembina Upacara Hari Pramuka ke-60 Tingkat Nasional, Sabtu (14/8).

Hadir virtual dari Istana Bogor, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa seluruh anggota Gerakan Pramuka harus menjadi contoh, teladan, dan tangguh menghadapi setiap tantangan, menggalang kepedulian kepada sesama, bersedia berkorban, suka menolong, membantu meringankan beban keluarga, saudara dan tetangga-tetangga.

"Pramuka juga harus menjadi pelopor kedisiplinan terutama disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, disiplin memakai masker, menjaga jarak, disiplin mencuci tangan tiap saat dan disiplin untuk menghindari kerumunan," ucap Presiden Jokowi.

Pramuka juga harus berada di barisan terdepan melindungi diri, teman-teman dan keluarga yang disayangi. Jika ada yang tidak mematuhi protokol kesehatan harus diingatkan, diberikan penjelasan, diberikan pengertian dan untuk yang berusia di atas 12 tahun namun belum divaksin penting untuk segera vaksinasi Covid-19.

"Karena kunci untuk bisa keluar dari pandemi adalah kedisiplinan mematuhi protokol kesehatan dan percepatan vaksinasi untuk mencapai kekebalan komunal," tegas Presiden Jokowi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1525 seconds (0.1#10.140)