5 Makanan Pantangan saat Ingin Menjalani Program Hamil

Senin, 16 Agustus 2021 - 16:16 WIB
loading...
5 Makanan Pantangan saat Ingin Menjalani Program Hamil
Foto Ilustrasi/Parenting Firstcry
A A A
JAKARTA - Selama menjalankan program hamil , seorang wanita dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai nutrisi tambahan untuk meningkatkan kesuburannya. Meski demikian, tidak semua makanan baik untuk dikonsumsi saat Anda sedang mengusahakan kehamilan.

Ada sejumlah makanan yang dilarang untuk dikonsumsi saat menjalani program hamil. Melansir Parenting Firstcry pada Senin (16/8), berikut deretan daftarnya.

Baca Juga: Penelitian: Bayi yang Lahir di Masa Pandemi Covid-19 Miliki IQ Rendah

1. Makanan dengan Lemak Trans

Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan dengan lemak trans secara langsung terkait dengan infertilitas pada wanita. Kaitannya sangat kuat sehingga hanya 2% tambahan asupan lemak trans setiap hari dapat memengaruhi kesuburan hingga 75%.

Makanan ini tidak hanya meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, tetapi juga meningkatkan berat badan dan menghambat produksi insulin, sehingga mengganggu biokimia lengkap tubuh.

2. Makanan dengan Gula atau Karbohidrat Tinggi

Untuk menjalani pola makan yang sehat, Anda harus membatasi konsumsi makanan dengan gula dan karbohidrat yang tinggi. Tetapi ketika sedang mencoba untuk hamil, Anda harus menghindari makanan tersebut, terutama ketika Anda sedang mencoba hamil dengan mengidap sindrom polikistik ovarium atau polycystic ovarian syndrome (PCOS).

Gula halus dan karbohidrat yang ada dalam makanan tersebut terpapar pada proses yang menghilangkan beberapa nutrisi penting dalam meningkatkan kesuburan. Juga, banyak gula dan karbohidrat akan meningkatkan kadar insulin dalam tubuh Anda, dan mempengaruhi ovarium sehingga mengurangi peluang Anda untuk hamil.

Pada wanita dengan PCOS, makanan dengan gula dan karbohidrat tinggi dapat menyebabkan penurunan sensitivitas insulin serta ketidakseimbangan hormon.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1148 seconds (10.101#12.26)