Ini Ukuran Kadar Gula Darah Normal Setelah Puasa ataupun Makan

Senin, 16 Agustus 2021 - 16:45 WIB
loading...
Ini Ukuran Kadar Gula Darah Normal Setelah Puasa ataupun Makan
Foto Ilustrasi/Getty Images/Oscar Lopera Martos
A A A
JAKARTA - Gula darah berfungsi sebagai asupan energi bagi organ-organ tubuh. Karenanya, kadar gula darah normal penting untuk dijaga agar tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah.

Setelah makan, sistem pencernaan akan memecah karbohidrat menjadi zat gula atau glukosa yang diserap tubuh. Setelah berada di dalam darah, hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas akan membantu glukosa untuk masuk ke sel-sel tubuh dan digunakan sebagai sumber energi.



Gula darah berfungsi sebagai asupan energi bagi organ-organ tubuh. Karenanya, kadar gula darah normal penting untuk dijaga agar tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah.

Hal ini guna mencegah terjadinya resistensi insulin atau risiko terkena diabetes. Sementara itu, pada penderita diabetes , kadar gula darah penting untuk dikontrol agar tidak menimbulkan kerusakan organ lebih lanjut.

Melansir Mayo Clinic pada Senin (16/8), kadar gula darah normal sebelum makan atau setelah puasa selama setidaknya 8 jam adalah 70–100 mg/dL.

Sedangkan untuk pemeriksaan gula darah sewaktu adalah kurang dari 200 mg/dL. Sementara kisaran gula darah normal sebelum tidur atau 2 jam setelah makan adalah kurang dari 140 mg/dL.

Untuk mengetahui kadar gula darah, Anda bisa melakukan tes cek gula darah di rumah sakit. Jika ingin praktis, Anda bisa membeli alat tes gula darah yang bisa dipakai di rumah. Namun, pastikan Anda sudah paham betul bagaimana cara menggunakannya.



Menjaga kadar gula darah normal sangatlah penting. Pasalnya, gula darah yang terlalu rendah (hipoglikemia) atau terlalu tinggi (hiperglikemia) bisa berdampak negatif pada tubuh.

Hipoglikemia bisa terjadi bila gula darah Anda kurang dari 70 mg/dL. Sementara hiperglikemia bisa terjadi jika kadar gula darah Anda lebih dari 200 mg/dL.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5053 seconds (0.1#10.140)