Museum Sumpah Pemuda Gelar Pameran Melodi Bangsaku

Rabu, 18 Agustus 2021 - 03:12 WIB
loading...
Museum Sumpah Pemuda Gelar Pameran Melodi Bangsaku
Pameran Melodi Bangsaku menyajikan informasi mengenai sepak terjang pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, W.R. Supratman. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Museum Sumpah Pemuda, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, menggelar Pameran Daring 118 Tahun W.R. Supratman dengan tema "Melodi Bangsaku". Kegiatan Pameran daring ini diselenggarakan dalam rangka merayakan HUT kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia.

Baca juga: Anggunnya Angela Tanoesoedibjo Kenakan Busana Adat di Upacara Peringatan Kemerdekaan RI

Pameran Melodi Bangsaku menyajikan informasi mengenai sepak terjang pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, W.R. Supratman dalam berjuang memerdekakan Indonesia.

W.R. Supratman memperkenalkan kali pertama lagu kebangsaan Indonesia Raya pada momentum penutupan Kongres Pemuda II, 28 Oktober 1928 di Gedung Indonesische Clubgebouw (sekarang Museum Sumpah Pemuda).

Tak hanya itu, W.R. Supratman juga menciptakan beberapa lagu lainnya seperti Ibu Kartini, di Timur Matahari, dan Dari Barat sampai ke Timur. Karya-karya W.R. Supratman akrab didengar dan dinyanyikan masyarakat Indonesia sampai saat ini.

Hadir memberi sambutan dalam kegiatan ini, Direktur Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud Ristek, Hilmar Farid, Ph.D. "Berbicara mengenai Wage Rudolf Supratman atau W.R. Supratman rasanya tepat dan sesuai dengan momentum Peringatan HUT kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia kali ini yang mengusung tema 'Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh'. W.R. Supratman adalah sosok tangguh yang mencerminkan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme," tuturnya dalam keterangan persnya, Selasa (17/8).

Hilmar Farid menambahkan, dari W.R. Supratman, kita belajar bahwa berjuang untuk Indonesia, tak harus angkat senjata, tetapi bisa dengan kompetensi kita masing-masing.

Pameran daring ini berlangsung selama 19 Agustus-24 September 2021. Pembukaan pameran ini disiarkan melalui kanal YouTube Muspada pada 19 Agustus 2021 pukul 10.00 WIB. Rangkaian pembukaan pameran ini juga akan dimeriahkan dengan penampilan kesenian musik dan tari oleh Voice Corner Vocal Group Madiun, Color Guard Jawa Timur, Goong Prada Management, BTM Dance Crew, serta penampilan teatrikal Kongres Pemuda oleh Cinemaxxi Teater Surabaya.

Baca juga: Memaknai Hari Kemerdekaan RI, Iwan Fals Rilis Single Merah Putih

Pameran dapat diakses melalui laman pameranmsp.com. Pameran ini menyuguhkan konten kreatif dan layanan tur virtual 360° sehingga memberikan pengalaman nyata kepada para penggunanya seolah berkunjung secara langsung.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1796 seconds (0.1#10.140)