Tekanan Darah Tinggi, Mimisan Gejala Serius Hipertensi

Rabu, 18 Agustus 2021 - 09:28 WIB
loading...
Tekanan Darah Tinggi, Mimisan Gejala Serius Hipertensi
Tekanan Darah Tinggi, Mimisan Gejala Serius Hipertensi. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Mimisan bisa menjadi gejala tekanan darah tinggi atau hipertensi yang serius. Mimisan biasanya bukan pertanda sesuatu yang serius dan bisa dirawat di rumah.

Tetapi mimisan yang berlangsung lama atau terus-menerus dapat dikaitkan dengan tekanan darah tinggi , yang dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan lainnya.

Mimisan cukup umum dan kebanyakan orang akan mengalaminya sesekali. Siapa pun bisa mengalami mimisan, tetapi mimisan paling sering dialami anak-anak antara 2 dan 10 tahun, orang tua dan wanita hamil.

Orang yang minum obat pengencer darah seperti aspirin atau antikoagulan, seperti warfarin dan orang dengan gangguan pembekuan darah, seperti hemofilia juga sering mengalami mimisan.

Dilansir dari Express, Rabu (18/8) apakah tekanan darah tinggi merupakan penyebab mimisan masih diperdebatkan oleh para dokter dan ilmuwan.


Hipertensi tidak diketahui secara langsung menyebabkan mimisan, namun diyakini pembuluh darah di hidung Anda lebih rentan rusak jika mengalami tekanan darah tinggi.

Sebuah studi pada tahun 2020 dari 35.749 peserta menemukan bahwa mereka yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi memiliki peningkatan risiko mimisan yang intens dan harus ke rumah sakit dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki riwayat tekanan darah tinggi.

Menurut American Heart Association, tekanan darah tinggi bukanlah penyebab mimisan kecuali jika tingkat tekanan darah Anda sangat tinggi, yang dikenal sebagai krisis hipertensi.

Krisis hipertensi adalah lonjakan tiba-tiba tekanan darah Anda di atas 180/120 mmHg yang dapat mengancam jiwa.

Ketika tekanan darah mencapai atau meningkat di atas level ini, Anda lebih berisiko terkena serangan jantung atau stroke, serta kerusakan ginjal dan mata. Sering mimisan bisa menjadi tanda krisis hipertensi karena pembuluh darah di hidung mudah rusak.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4461 seconds (0.1#10.140)