Makan Daging Menyebabkan Masalah Kesehatan Serius, Selain Kanker

Rabu, 18 Agustus 2021 - 10:18 WIB
loading...
Makan Daging Menyebabkan Masalah Kesehatan Serius, Selain Kanker
Makan Daging Menyebabkan Masalah Kesehatan Serius, Selain Kanker. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Makan daging dapat menyebabkan risiko tiga masalah kesehatan yang serius selain kanker . Peneliti menganalisis catatan data kesehatan yang terdiri dari 474.985 orang Inggris paruh baya dan menemukan bahwa konsumsi daging unggas setiap hari meningkatkan risiko diabetes tipe 2 .

Dilansir dari Express, Rabu (18/8) selain itu, makan 30 gram unggas setiap hari juga meningkatkan risiko refluks gastroesofagus sebesar 17%. Adapun contoh unggas antara lain ayam dan bebek.

Peneliti utama, Dr Keren Papier yang berbasis di unit epidemiologi kanker di Universitas Oxford, mencatat bahwa sering konsumsi daging dapat berbahaya. Secara teratur makan tiga atau lebih hidangan daging per minggu dikaitkan dengan hasil kesehatan yang lebih buruk.

Konsumsi daging merah yang tidak diproses dan diproses lebih tinggi dikaitkan dengan penyakit jantung . British Heart Foundation (BHF) menjelaskan bahwa penyakit jantung terjadi ketika arteri yang memasok darah ke otot jantung tersumbat oleh timbunan lemak, seperti kolesterol .


Kolesterol jahat meningkat jika Anda makan makanan yang kaya lemak jenuh. Daging merah seperti daging sapi, babi, dan domba memang mengandung konsentrasi lemak jenuh yang lebih tinggi daripada ikan.

Konsumsi daging merah yang sering juga dikaitkan dengan pneumonia yaitu pembengkakan jaringan di paru-paru. Pneumonia dapat disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Gejalanya meliputi batuk, kesulitan bernapas, detak jantung cepat, demam, berkeringat, menggigil, dan nyeri dada.

"Konsumsi yang lebih tinggi dari kombinasi daging merah dan olahan yang belum diproses dikaitkan dengan risiko penyakit jantung, pneumonia, penyakit divertikular, polip usus besar dan diabetes yang lebih tinggi," ujar para peneliti.

"Dan konsumsi daging unggas yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit refluks gastroesofagus yang lebih tinggi, gastritis dan duodenitis, penyakit divertikular, penyakit kandung empedu dan diabetes," lanjutnya.


Risiko kesehatan ini biasanya dialami oleh pemakan daging yang kelebihan berat badan atau obesitas. "Perbedaan dalam BMI di seluruh kategori konsumsi daging tampaknya merupakan bagian penting dari peningkatan risiko," catat studi tersebut.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1361 seconds (0.1#10.140)