Gejala Penyakit Asam Lambung, Tak Melulu Mual dan Muntah

Rabu, 18 Agustus 2021 - 18:08 WIB
loading...
Gejala Penyakit Asam Lambung, Tak Melulu Mual dan Muntah
Gejala Penyakit Asam Lambung, Tak Melulu Mual dan Muntah. Foto/Everyday Health.
A A A
JAKARTA - Gejala penyakit asam lambung tak melulu mual dan muntah, tapi ada gejala lainnya yang harus diketahui. Penyakit ini menjadi masalah yang biasa terjadi pada setiap orang. Sebab, kebiasaan telat makan dianggap sepele hingga asam lambung naik di waktu tertentu.

Saluran dan jaringan yang mempersempit jalur makanan, menyebabkan masalah menelan pada penderita penyakit lambung. Luka terbuka di kerongkongan dapat membuat asam lambung mengikis jaringan di kerongkongan, menyebabkan luka makin terbuka.

Dengan begitu, asam lambung yang sudah terlanjur terbuka, akan semakin menyebar dan menyebabkan gejala tertentu. Berikut adalah beberapa gejala asam lambung dilansir dari Healthline, Rabu (18/8).


1. Sensasi terbakar di antara dada dan perut

Biasanya hal ini terjadi setelah seseorang makan, yang mungkin kondisi akan lebih buruk di malam hari. Untuk mencegahnya, biasakan untuk tidak makan malam.

2. Sakit nyeri dada

Kondisi ini seperti sakit ditusuk jarum di dada. Bukan hal yang tidak mungkin, sakit seperti ini sudah sangat sulit untuk di toleransi.

3. Kesulitan menelan

Kesulitan menelan juga menjadi gejala penyakit asam lambung. Sebesar apapun usaha untuk menelan makanan, dapat dipastikan akan menyebabkan makanan ditolak oleh pencernaan atau muntah.


4. Penolakan makanan

Selanjutnya yang terjadi adalah penolakan makanan karena adanya cairan asam. Muntah yang sering terjadi disebabkan gas dan cairan asam, dikarenakan sudah menolak adanya pemasukan makanan ke perut.

5. Sensasi ada benjolan di tenggorokan

Kesulitan menelan bahkan hingga terjadi penolakan, bisa juga disebabkan adanya benjolan di tenggorokan. Hal ini terjadi bila makanan terasa mengganjal di tenggorokan dan penderita akan sulit untuk menelannya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1191 seconds (0.1#10.140)