Tips Atasi Jerawat Akibat Penggunaan Masker di Masa Pandemi

Kamis, 19 Agustus 2021 - 11:41 WIB
loading...
Tips Atasi Jerawat Akibat Penggunaan Masker di Masa Pandemi
Tips Atasi Jerawat Akibat Penggunaan Masker di Masa Pandemi. Foto:Ilustrasi/Express
A A A
JAKARTA - Karena penyebarannya yang cepat, beberapa langkah telah diusulkan untuk mengurangi penularan infeksi Covid-19, termasuk memakai masker saat beraktivitas di luar rumah.

Namun ternyata penggunan masker tersebut malah menimbulkan masalah kulit bagi sebagian orang. Salah satu masalah kulit yang muncul adalah Maskne atau Mask Acne yaitu efek samping dari penggunaan masker dalam waktu yang lama.

Dokter Lulusan Terbaik Program Profesi Dokter Universitas Pelita Harapan, dr Silvestri menjelaskan Maskne adalah breakout atau jerawat yang terbentuk di “O-zone” yaitu dagu, pipi, hidung, mulut yang disebabkan oleh penggunaan masker mulut dalam waktu yang lama.

Penyebab terjadinya maskne ini adalah diantaranya perpaduan antara iritasi yang dikarenakan gesekan masker dengan kulit lalu penggunaan masker maka kelembapan udara meningkat, hal ini disebabkan penumpukan keringat, uap air, minyak atau sebum yang meningkat di area yang tertutup masker.



“Ketiga, karena penggunaan masker dalam waktu yang lama maka dapat menyebabkan peningkatan suhu, sehingga menyebabkan peningkatan respon peradangan / inflamasi,” ucap dr Silvestri dalam keterangan resminya, Rabu (18/8/2021).

Ia memberikan beberapa tips untuk mencegah atau mengatasi Maskne antara lain:

1. Masker mulut

Pilih masker dengan bahan yang lebih halus (seperti katun, sutra, atau silk) dan masker yang mempunyai rongga atau jarak dengan kulit, kemudian ganti masker mulut setiap 4 jam sekali.

2. Skincare
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4993 seconds (0.1#10.140)