Pola Makan Harian Sehat untuk Penderita Diabetes, Ini Komposisinya

Kamis, 19 Agustus 2021 - 20:30 WIB
loading...
Pola Makan Harian Sehat untuk Penderita Diabetes, Ini Komposisinya
Foto Ilustrasi/Lybrate
A A A
JAKARTA - Diabetes adalah salah satu penyakit yang cukup banyak dialami masyarakat Indonesia. Diabetes bisa menyebabkan komplikasi serius yang berbahaya dan mengancam jiwa. Oleh sebab itu, menjaga asupan makanan harian yang sehat dan tepat bisa menjadi pilihan terbaik yang dilakukan untuk mencegah meningkatnya kadar gula darah.

Merangkum dari laman Mayo Clinic, Kamis (19/8), pada dasarnya menjaga kadar gula darah agar tidak naik yakni dengan cara menghitung jumlah kalori pada makanan yang dikonsumsi. Pilihlah karbohidrat sehat, makanan kaya serat, ikan, dan lemak baik. Selama pencernaan, gula (karbohidrat sederhana) dan pati (karbohidrat kompleks) dipecah menjadi glukosa darah.



Oleh sebab itu seseorang bisa fokus terhadap karbohidrat sehat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, kacang-kacangan seperti buncis dan kacang polong, serta produk susu rendah lemak seperti susu dan keju. Hindari karbohidrat kurang sehat seperti makanan atau minuman dengan tambahan lemak, gula, dan sodium.

Seseorang bisa meminta bantuan ahli gizi untuk merencanakan diet sehat untuk diabetes. American Diabetes Association menawarkan metode perencanaan makan yang sederhana. Intinya adalah berfokus pada makan lebih banyak sayuran. Berikut daftar isi piring untuk diet sehat diabetes .

1.Isi setengah piring dengan sayuran non-tepung seperti bayam, wortel, dan tomat.

2.Isi seperempat piring dengan protein seperti tuna atau ayam.

3. Isi seperempat terakhir piring dengan gandum utuh seperti beras merah, sayuran bertepung seperti kacang hijau.

4.Lengkapi dengan lemak baik seperti kacang, alpukat, dalam jumlah kecil.

5.Tambahkan satu porsi buah atau susu dan segelas air putih, teh, atau kopi, tanpa pemanis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1092 seconds (0.1#10.140)