Stroke, Tanda Peringatan Dini Bisa Muncul 10 Tahun Sebelum Kejadian

Jum'at, 20 Agustus 2021 - 14:43 WIB
loading...
Stroke, Tanda Peringatan Dini Bisa Muncul 10 Tahun Sebelum Kejadian
Stroke, Tanda Peringatan Dini Bisa Muncul 10 Tahun Sebelum Kejadian. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Tanda peringatan dini stroke bisa muncul 10 tahun sebelum pasien menderita penyakit ini. Banyak penelitian telah menyoroti kemungkinan penurunan tajam dalam kesehatan kognitif setelah insiden stroke, dengan beberapa penderita akan mengembangkan demensia .

Dilansir dari Express, Jumat (20/8) penelitian baru menunjukkan bahwa penurunan fungsi kognitif dapat berkembang bertahun-tahun sebelum stroke terjadi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neurology Neurosurgery & Psychiatry menunjukkan bahwa tanda-tanda peringatan stroke dapat muncul hingga 10 tahun sebelum kejadian.

Penelitian, yang melibatkan hampir 15.000 peserta, menemukan bahwa pasien stroke menunjukkan tanda-tanda penurunan fungsi kognitif ketika dinilai untuk memori, kelancaran verbal, waktu reaksi dan ketangkasan manual.


Para peserta dinilai berdasarkan kemampuan kognitif mereka, dan tugas-tugas manual seperti mencuci dan berpakaian, selama rata-rata 12,5 tahun untuk mengidentifikasi kapan perubahan ini dimulai.

Temuan menunjukkan bahwa penderita stroke menunjukkan tanda-tanda penurunan signifikan lebih tajam dalam fungsi kognitif dan fungsi rutin sehari-hari sebelum stroke.

Tanda-tanda penurunan kognitif dimulai sekitar satu dekade sebelum pasien stroke pertama. Fungsi kognitif mengacu pada kemampuan seseorang untuk belajar, menalar, berpikir, membuat keputusan, mengingat dan memperhatikan.

Penurunan ini kemungkinan disebabkan oleh kerusakan pada pembuluh darah, yang meningkatkan risiko stroke. Tim juga mencatat bahwa wanita, yang memiliki kemungkinan lebih tinggi terkena Alzheimer karena mereka membawa gen APOE, tampaknya memiliki risiko lebih besar terkena stroke.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1877 seconds (0.1#10.140)