Diabetes Tipe 2, 5 Tanda Gula Darah Tinggi yang Kurang Diketahui

Senin, 23 Agustus 2021 - 18:08 WIB
loading...
Diabetes Tipe 2, 5 Tanda Gula Darah Tinggi yang Kurang Diketahui
Diabetes Tipe 2, 5 Tanda Gula Darah Tinggi yang Kurang Diketahui. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Diabetes tipe 2 menyebabkan gula darah meningkat secara tidak wajar yang mempengaruhi bagian tubuh tertentu sehingga menimbulkan gejala yang tidak biasa . Sayang tidak semua orang mengetahui tanda ini.

“Tingkat gula darah yang sangat tinggi dapat mengancam jiwa, mengakibatkan koma," kata ahli gizi klinis bersertifikat, Dr Vikki Petersen dilansir dari Express, Senin (23/8).

Menurut Petersen terdapat lima tanda utama gula darah tinggi yang harus diwaspadai. Berikut ulasannya.

Baca Juga : Diabetes Tipe 2, Kaki Sakit Saat Lakukan Aktivitas Ini Tanda Gula Darah Tinggi

1. Nafas berbau buah

Ini bukan sesuatu yang dapat Anda deteksi pada diri sendiri, tetapi jika seorang teman atau anggota keluarga menunjukkan napas yang sangat manis, mintalah mereka memeriksanya, terutama jika mereka menunjukkan gejala lain. Ini bisa sangat membantu karena kadar gula darah tinggi yang perlu dikendalikan.

2. Sakit kepala atau kabut otak

Otak dan sistem saraf Anda menggunakan glukosa sebagai bahan bakar tetapi harus dalam jumlah yang benar. Baik terlalu banyak gula darah maupun terlalu sedikit (hipoglikemia) dapat menyebabkan sakit kepala dan kabut otak.

Dengan jumlah gula yang ada dalam makanan olahan dan makanan manis, ada baiknya untuk memeriksa apakah kadar gula darah Anda terlalu tinggi jika Anda sering mengalami sakit kepala.

3. Penglihatan kabur dan kebutaan

Kelebihan gula darah merusak pembuluh retina Anda, menciptakan pengaburan penglihatan dan akhirnya kerusakan permanen seperti kebutaan. Ini merupakan stadium lanjut dari gula darah tinggi yang tidak diobati, artinya jika Anda memeriksakan secara rutin dan mengontrol kadar gula darah, Anda dapat mencegah kerusakan sebelum terjadi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2324 seconds (11.252#12.26)