Biaya Kemoterapi Kanker yang Perlu Anda Ketahui

Selasa, 24 Agustus 2021 - 09:00 WIB
loading...
Biaya Kemoterapi Kanker yang Perlu Anda Ketahui
Biaya kemoterapi kanker ternyata tergantung dari tingkat keparahan pasien. Ada yang dalam tingkat ringan, hingga yang paling berat. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Biaya kemoterapi kanker ternyata tergantung dari tingkat keparahan pasien. Ada yang dalam tingkat ringan, hingga yang paling berat.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Gratis, Apabila Diminta Pembayaran, Silakan Adukan ke Sini

Kemoterapi sendiri merupakan salah satu metode yang paling sering digunakan untuk menyembuhkan kanker. Kemoterapi atau biasa disebut kemo, bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan sel kanker yang bersarang di dalam tubuh.

Dalam dunia medis, kemoterapi memang cukup membantu seseorang untuk melawan kanker. Namun, kemoterapi juga memiliki sejumlah efek samping bagi kesehatan. Ada yang berdampak ringan, namun ada pula yang membutuhkan penanganan dokter.

Kemoterapi ini biasanya dilakukan sebelum terapi radiasi maupun operasi, dengan harapan agar ukuran tumor menjadi lebih kecil. Nantinya kemoterapi akan dilanjutkan sesudah operasi dan terapi radiasi dengan tujuan menghancurkan sel kanker yang tersisa.

Merangkum dari berbagai sumber, biaya kemoterapi untuk tingkat keparahan yang ringan bisa dibanderol dengan rentang harga di bawah Rp1 juta hingga Rp6 juta. Namun pada kondisi kemoterapi berat bisa dibanderol di atas Rp10 juta.

Biaya tersebut mungkin bisa sedikit berubah tergantung kebijakan harga dan wilayah setiap rumah sakit. Namun perlu diingat kemoterapi dapat menyebabkan berbagai macam efek samping pada kesehatan. Sehingga jangan heran bila, terjadi beberapa efek samping seperti:

1. Rambut rontok.

2. Kehilangan napsu makan.

3. Kehilangan berat badan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)