Elly Kasim Penyanyi Legendaris Ini Telah Rilis Lebih dari 100 Album Solo

Rabu, 25 Agustus 2021 - 08:35 WIB
loading...
Elly Kasim Penyanyi Legendaris Ini Telah Rilis Lebih dari 100 Album Solo
Elly Kasim. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Elly Kasim , penyanyi pop asal Minang pendikabarkan tutup usia pada hari ini, Rabu (25/8/2021). Wanita berusia 76 tahun itu dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit MMC, Kuningan, Jakarta Selatan, sekitar pukul 03.48 WIB.

Sebelum meninggal dunia, Elly Kasim yang telah terjun di dunia musik sejak 1961, telah merilis sedikitnya 100 buah album solo. Ia bahkan menjadi salah satu penyanyi legendaris yang hingga kini masih bertahan. Bahkan lagu-lagunya sempat menjadi hits pada zamannya.

Salah satu tembang milik Elly Kasim yang paling terkenal, bahkan hingga ke kancah internasional ialah Ayam Den Lapeh. Saking terkenalnya, Elly Kasim bahkan sempat mendengar lagu tersebut diterjemahkan dalam bahasa Vietnam.

Baca Juga : Elly Kasim Seniman Minang Penyanyi Ayam Den Lapeh Meninggal Dunia

"Saya sudah manggung di hampir seluruh daerah di Indonesia dan lagu Ayam Den lapeh begitu populer, termasuk di luar negeri. Saat saya ke Vietnam ternyata lagu itu sudah diterjemahkan ke bahasa setempat," kata Elly Kasim pada 2008 lalu.

Kecintaannya dengan dunia tarik suara membuat Elly Kasim sempat menggelar konser pada 2017 lalu. Bertajuk 'Menjulang Bintang 57 Tahun Elly Kasim Berdendang', konser tersebut digelar di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, dan dimeriahkan oleh beberapa penyanyi lainnya, seperti Titiek Puspa, Be3, Judika dan Rancoek Voice.

Sebelum menggelar konser, Elly mengaku sempat terkena radang paru-paru yang membuat dirinya kesulitan untuk berbicara. Kendati demikian, setelah menjalani pengobatan di Singapura, dokter yang merawatnya langsung memperbolehkan dirinya untuk kembali bernyanyi.

"Dua bulan sakit, batuk enggak berhenti-berhenti. Ngomong enggak bisa. Ngomong sepatah kata langsung batuk-batuk. Sudah dibawa ke dua rumah sakit di Jakarta, enggak bisa sembuh juga," ujar Elly pada 2017.

"Ketemu lah ada infeksi sedikit di paru-paru. Tapi Alhamdulillah infeksi biasa. Setelah dikasih obat 2 Minggu, Setelah itu balik lagi katanya clear. Langsung bisa nyanyi," lanjutnya.

Selain bernyanyi kecintaannya terhadap adat Minang membuat Elly Kasim juga mencoba untuk memperkenalkannya lewat acara pernikahan. Ia bahkan membangun sebuah bisnis wedding organizer yang dinamai Elly Kasim Collection.

Beberapa anak pejabat Indonesia serta artis bahkan sempat menggunakan jasanya saat menikah dengan adat Minang. Sebut saja pernikahan anak dari Mantan Presiden Jusuf Kalla, resepsi pernikahan Panji Trihatmodjo, Nikita Willy, Karina Nadila, hingga yang terakhir malam bainai Lesti Andryani.

Baca Juga : Deddy Corbuzier Sudah Siapkan Tabungan hingga Saham untuk Azka Jika Dirinya Meninggal

Terkait keluarga, Elly Kasim diketahui merupakan istri dari Nazif Basir. Namun, pada Mei 2000, suaminya diketahui meninggal dunia dalam usia 86 tahun.

Bersama sang suami, Elly diketahui mendirikan Sanggar Tari Nasional Bunda atau Sangrina Bunda pada 1978. Lewat sanggar tersebut, Elly dan suami sempat memperkenalkan budaya dan kesenian Indonesia ke 35 negara.

--
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)